Pesantren Rakyat Pesantren Corner Kelas Musik Pesantren Rakyat Lahirkan Generasi Cinta Seni Budaya Indonesia

Kelas Musik Pesantren Rakyat Lahirkan Generasi Cinta Seni Budaya Indonesia

Kelas Musik Pesantren Rakyat Lahirkan Generasi Cinta Seni Budaya Indonesia

Pesantren Rakyat Online – Liburan bahagia di Pesantren Rakyat menjadi program utama akhir semester ganjil yang digagas oleh pengurus. para santri mengisi kegiatan dengan beragam cara, salah satunya dengan belajar musik gamelan, Sabtu (26/12/2020).

Kelas musik ini langsung diampu oleh Ketua Sanggar Seni Jagong Maton (SSJM) Pesantren Rakyat Al-Amin, Ghofur Yajalali. Santri mulai tingkatan SD hingga SMA berkolaborasi dan berlatih bersama di mengenal notasi musik gamelan.

“Hari ini kita belajar memainkan lagu Gambang Suling dan Lagu Dolanan”, kata Ghofur.

Baca juga: Liburan Bahagia di Pesantren Rakyat, Santriwati Belajar Rias Wisuda

Sebagai informasi, sentra seni musik adalah program unggulan tiap lembaga pendidikan Pesantren Rakyat. Dari sanggar seni ini, lahir generasi muda yang cinta akan seni dan budaya Indonesia. Mulai dari musik tradisional, modern dan Islami serta pembelajaran dalang dan wayang dilatihkan kepada santri yang berminat.

Lebih lagi, santri-santri tak hanya berlatih saja tetapi juga sering menampilkan permainan musik gamelan bersama Kyai Abdullah SAM. “Grup Jagong Maton asuhan Kyai ini pernah tampil di TV Nasional dan forum Internasional” ungkap Ketua SSJM.

Bakat dan potensi tiap santri Pesantren Rakyat secara berkelanjutan terus diasah dan dipetakan. Demikian ini adalah salah satu program unggulan di pesantren yang didirikan oleh Kyai Abdullah SAM itu. (cha)

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.