Pesantren Rakyat Pengasuh Hidupkan Semangat Mahasiswa, Kyai Sableng ‘SAPAMABA’ Unira Malang 2022

Hidupkan Semangat Mahasiswa, Kyai Sableng ‘SAPAMABA’ Unira Malang 2022

Hidupkan Semangat Mahasiswa, Kyai Sableng ‘SAPAMABA’ Unira Malang 2022

Pesantren Rakyat Online – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang menggelar PMII SAPAMABA di Aula KH. Moch Said Gedung A Lantai 3 Unira, Kamis (15/9/2022). Kiai Abdullah SAM, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin menjadi salah satu narasumber pada kesempatan kali ini.

Kegiatan Sapamaba ini rutin digelar tiap tahun sebagai pengenalan dan menyambut mahasiswa baru (maba) yang ingin bergabung di PMII. Dipandu oleh salah satu aktifis PMII Bernama Renata, Kiai Abdullah mengungkap tentang sejarah organisasi PMII. “Sejak awal PMII adalah organisasi yang menjunjung tinggi derajat negara”, kata beliau dengan tegas.

Menurut kiai yang pernah aktif di Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Jawa Timur ini, di organisasi inilah (red), kader-kader bangsa dibentuk di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) untuk memimpin negara. “Di PMII-lah para kader-kader bangsa dimatangkan jiwa juga pikirannya untuk lebih maju dalam segala hal”, ujar Wakil Ketua 2 STIT Ibnu Sina Malang itu.

Baca juga: Latih Kepemimpinan Sejak Dini, SDII Pesantren Rakyat Bentuk Paskibra Cilik

Dalam sebuah pesan semangat kepada ratusan mahasiswa yang hadir, beliau menyampaikan mahasiswa harusnya aktif di organisasi, menambah jejaring, melatih kematangan emosional dan spiritual. “Tempa diri disini dulu jangan fokus dengan organ-organ ‘seksi’ lainnya”, begitu pengumpamaan kiai yang memiliki nama tenar Kyai Sableng ini.

Selama acara dimulai, riuh teriakan semangat mahasiswa terus terdengar. Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Malang itu memberi sebuah ungkapan penutup untuk menghidupkan semangat mahasiswa.

“Kita harus menangis dikala mahasiswa sudah mulai terlalu santun dan akademis. Saatnya mahasiswa bersuara karena suara mahasiswa hari ini sebagai konstitusi tertinggi di suatu negeri sudah tergadai. Hidup mahasiswa!”, pesan alumnus UIN Malang itu dengan penuh semangat.

Selain Kiai Abdullah SAM sebagai narasumber juga ada KH. Imron Rosyadi Hamid, M.Si., Rektor Unira Malang, Siti Nur Qoyyimah, S.E., Kabag Keuangan, Lusi Dia Fitria Dewi, M.Pd., Koordinator Pengelola Beasiswa, Abdul Kholiq, M.Pd., Ketua Mabinkom PMII Raden Rahmat dan Ketua PC PMII Kabupaten Malang serta senior-senior yang turut hadir dalam acara dengan tema Menyiapkan Generasi Pemuda yang Berjiwa C.I.N.T.A Cerdas Intelektual Nasional Tangguh dan Agamis. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.