Pesantren Rakyat Pengasuh Pengajian di Sawojajar Malang, Kiai Sableng Diiringi King Joas Perkusi

Pengajian di Sawojajar Malang, Kiai Sableng Diiringi King Joas Perkusi

Pengajian di Sawojajar Malang, Kiai Sableng Diiringi King Joas Perkusi

Pesantren Rakyat Online – Kiai Abdullah SAM atau dikenal luas dengan nama Kiai Sableng mengisi kegiatan Halal Bihalal Keluarga Besar Warga RW 1, Kelurahan Sawojajar, Kota Malang pada Rabu malam (10/5/2023). Pada kesempatan tadi malam (red) ada momen menarik saat Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin ini diminta naik ke iringan kendaraan King Joas Perkusi Sawojajar hingga ke lokasi acara yang bertempat di sepanjang jalan gang V.

Sontak konvoi musik perkusi yang mengiringi Kiai Sableng menuju lokasi pengajian membuat jalan raya sempat macet karena antusias warga sekitar dan anak-anak menyaksikan momen ini. Bak naik di kereta kencana, kiai yang juga seorang motivator itu mengaku terharu atas sambutan yang diberikan oleh masyarakat disini.

King Joas Perkusi Sawojajar sendiri merupakan kelompok musik yang berdiri sudah lama. Namun baru diresmikan pada 22 Juni 2014. Grup ini dibina oleh Eko Cahyono, seorang pekerja di SPBU Brantas Malang dan saat ini menjadi Ketua RT. 05 RW. 01.

Baca juga: Persiapan Matang, SDII Pesantren Rakyat Gelar Ujian Sekolah Perdana

Kiai Abdullah SAM bersama Pembina King Joas Perkusi Eko Cahyono
Rangkul: Kiai Abdullah SAM (Kiai Sableng) bersama Eko Cahyono, Pembina King Joas Perkusi di kediaman Abah Gaguk owner PO. Malinda.

Eko menceritakan bahwa adanya King Joas saat ini berawal dari musik patrol kampung. Kemudian dari situ mulai terkumpul puluhan anak muda dari beragam latar belakang. Ada anggota yang sudah bekerja dan masih pelajar. “Bahkan ada yang kami bina mulai dari SD”, sahutnya.

“Jadwal latihan tim setiap hari Rabu. Sampai saat ini yang resmi terdaftar di Pemerintah Kota Malang sebanyak 26 orang, tetapi secara keseluruhan yang aktif ada 35 orang”, kata Eko.

Pemilihan nama King Joas sendiri berasal dari bahasa walikan khas Malangan. Pak Eko menjelaskan King Joas artinya Raja Joas Malangan yang dibalik menjadi Sawojajar. Kelompok perkusi ini tampak kompak dalam setiap permainan musiknya. Tak ayal jika King Joas pernah diundang langsung oleh Presiden RI untuk tampil pada event Sumpah Pemuda di Rawangmangun beberapa waktu yang lalu.

Kemarin malam (red) King Joas mengiringi Kiai Abdullah SAM dengan lagu Thola’al Badru hingga ke depan panggung pengajian. Saat sampai, beliau disambut oleh ratusan jamaah yang antusias menunggu di pelataran masjid dan sepanjang jalan gang V. (cha)

Pengajian Kiai Sableng di Gang V Sawojajar Malang
Ngaji: Kiai Abdullah SAM (Kiai Sableng) memberikan tausiah agama dengan tema Halal Bihalal kepada warga RW. 01 Kelurahan Sawojajar, Kota Malang.
3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.