Pesantren Rakyat Pesantren Corner Pelajari Sejarah G30S PKI, OSIS SMPII & SMA Pengusaha Adakan Psikomovie

Pelajari Sejarah G30S PKI, OSIS SMPII & SMA Pengusaha Adakan Psikomovie

Pelajari Sejarah G30S PKI, OSIS SMPII & SMA Pengusaha Adakan Psikomovie

Pesantren Rakyat Online – Tepat pada peristiwa bersejarah, G30S PKI, SMPII dan SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin mengadakan psikomovie Jumat malam (30/9/2022). Bertempat di Pesantren Putra kegiatan dibuka langsung oleh Ketua OSIS SMPII, Mustika Sekar.

Dalam sambutannya, Sekar menyampaikan kepada seluruh santri SMPII dan SMA Pengusaha bahwa kegiatan nonton bareng (nobar) ini merupakan wujud kita untuk mempelajari sejarah bangsa Indonesia.

Film G30S PKI ini merupakan film bergenre dokudrama propaganda Indonesia. Film tersebut merupakan film komersial negeri pertama yang dirilis pada tahun 1984. Disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, film yang menghabiskan dana sekitar 800 juta ini menggambarkan tentang masa menjelang kudeta, dimana negara dalam kekacauan ekonomi dan peristiwa penculikan jenderal yang digawangi oleh PKI.

Baca juga: Sholawat ‘Sidem’ Santri Pesantren Rakyat Sambut Gubernur Jatim di Unisma

Setelah film berakhir, setiap kelas diminta mewakilkan satu orang untuk mempresentasikan hikmah yang mereka peroleh dari film tersebut. Agar para siswa tidak hanya menonton film tetapi juga dapat mengambil moral value dari film yang mereka tonton.

Tak hanya itu, sebagai wujud mengenang sejarah negara, pengibaran bendera setengah tiang turut dilakukan pagi harinya. Pengibaran Bendera setengah tiang ini dilaksanakan oleh Paskibra Pesantren Rakyat Al-Amin.

Sesuai arahan Komandan Paskibra Pesantren Rakyat, Muhammad Husni, seluruh anggota mengikuti kegiatan ini dengan tertib. Walaupun tidak dilaksanakan oleh semua santri, tetapi pengibaran Bendera setengah tiang ini berjalan dengan khidmat. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.