Pesantren Rakyat Pesantren Corner Seru! Masterchef Folk Style Dewan Guru Pesantren Rakyat Al-Amin

Seru! Masterchef Folk Style Dewan Guru Pesantren Rakyat Al-Amin

Seru! Masterchef Folk Style Dewan Guru Pesantren Rakyat Al-Amin

Pesantren Rakyat Online – Dalam rangka menjalin kekompakkan antar pengurus, Pesantren Rakyat Al-Amin mengadakan kegiatan internal berupa Masterchef Folk Style yang diikuti oleh seluruh dewan guru dari seluruh lembaga mulai dari TPQ, Madin, PAUD, TK, SD, SMP dan SMA, Sabtu (23/1/2021). Bertempat di Aula SDII Komplek Pesantren Putri ini, ada empat tim yang saling adu kebolehan memasak.

Tak hanya para ibu-ibu, kompetisi internal ini juga diikuti oleh para bapak ustad Pesantren Rakyat Al-Amin. Keseruan sudah terlihat sejak awal dimulainya kegiatan. Saat bunyi gong yang didengungkan oleh Kyai Abdullah SAM, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, seluruh kelompok berlomba mengambil bahan yang telah disediakan oleh panitia.

Selama acara tersebut bapak dan ibu guru yang biasanya fokus dalam memberikan materi kepada anak didik, hari ini (Sabtu, -red) harus berkompetisi satu sama lain menghidangkan sajian yang enak dan menarik kepada dewan juri. “Pada lomba ini, bahan dasar yang disediakan adalah kangkung, ikan pindang dan tempe”, tutur Hafid, panitia lomba.

Baca juga: Lomba Baca Puisi Pesantren Rakyat, Show Off Bakat dan Karya Orisinil Santri

Aksi saling sindir antar tim selama kegiatan membuat suasana lomba semakin seru dan meriah. Selama 90 menit lamanya, akhirnya seluruh kelompok dapat menyajikan kreasi makanan dengan bahan dasar yang ditentukan. Ada yang masak tumis kangkung, sayur asem kangkung, pindang sarden, pindang bumbu rujak, sambel tempe, tempe krispi dan sebagainya.

Dewan juri yang terdiri dari Kyai Abdullah SAM, Pengasuh dan Hariadi Catur Pamungkas, Ketua Yayasan Pesantren Rakyat Al-Amin pun sampai dibuat bingung karena tiap masakan bersaing ketat mulai dari presentasi hingga rasa.

“Semuanya juara satu, tetapi juri diminta untuk memilih paling terbaik dari yang terbaik dan juaranya adalah kelompok 4”, pilihnya yang membuat seluruh kelompok deg-deggan.

Kelompok 4 sendiri memasak tumis kangkung dengan pindang bumbu rujak dan olahan tempe berbentuk bola. Tim ini berisikan Ibu Wiwik, Kepala SDII, Yahya, Kepala SMPII, Bu Elenna, Guru PAUD dan Mbak Zila. Sementara itu secara berurutan juara 2 diraih kelompok 2, juara 3 kelompok 3 dan yang terakhir juara 4 kelompok 1.

Seusai pengumuman juara tersebut, seluruh civitas termasuk santri yang hadir memberi dukungan pada lomba tersebut ikut menikmati hidangan secara bersama. “Pesantren Rakyat ini adalah perahu besar kendaraan kita bersama. Semoga kita bisa meluruskan niat dan selalu istiqomah bersama menuju surganya Allah swt.’, harap Kyai Abdullah saat memberikan sambutan pembuka kegiatan. (cha)

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.