Pesantren Rakyat Inspirasi Gandeng Pesantren Rakyat, Komunitas 836 Donasi Sayur Jumat Legi Berkah

Gandeng Pesantren Rakyat, Komunitas 836 Donasi Sayur Jumat Legi Berkah

Gandeng Pesantren Rakyat, Komunitas 836 Donasi Sayur Jumat Legi Berkah

Pesantren Rakyat Online – Komunitas 836 Peduli Sesama menggagas program Jumat Legi Berkah dengan sedekah sayur untuk pesantren-pesantren di Kabupaten Malang. Komunitas yang beranggotakan alumni SMPN Pujon angkatan pertama itu baru saja mengirimkan donasi sayur mayur ke Pesantren Rakyat Al-Amin, Sumberpucung, Jumat (7/10/2022).

Ketua Komunitas 836, Hari Sayogo dalam pesan singkatnya membeberkan bahwa kegiatan donasi ini disambut antusias oleh pedagang sayur, masyarakat umum dan PAC ISNU Pujon. Bahkan, dalam waktu tiga jam saja, Jumat Legi kali ini (red) terkumpul sayur mayur sebanyak 2 (dua) mobil pickup penuh.

“Alhamdulillah banyak yang tertarik dengan program Jumat Legi Berkah ini. Terima kasih atas sambutan yang luar biasa, semoga sedikit yang kami berikan ini ada manfaatnya”, ucap Hari.

Baca juga: Pesantren Rakyat Peringati Maulid Nabi & Doa Bersama Tragedi Kanjuruhan

Donasi Sayur Komunitas 863 di Ponpes Barokatul Qur'an
Peduli: Kiai Abdullah SAM (batik) mengantar tim Komunitas 863 menyalurkan donasi sayur ke Pondok Pesantren Barokatul Qur’an Pakel, Sumberpucung.

Pria yang juga Ketua PAC ISNU Kecamatan Pujon ini berharap ada kerjasama dengan Pesantren Rakyat. Selain ingin membantu mengembangkan visi dan misi Pesantren Rakyat Al-Amin, Komunitas 836 ingin donasi yang diberikan ke pesantren-pesantren di Kabupaten Malang ini tepat.

“Kami percaya Kiai Abdullah SAM sekaligus Ketua ISNU Kabupaten Malang memahami pesantren mana saja di Malang Selatan secara khusus yang kekurangan potensi sayur. Sehingga nantinya, pesantren mana yang ditunjuk dan mau dikirim sayur atas saran dari Pesantren Rakyat”, tutur Ketua Komunitas 836.

Komunitas 863 Peduli Sesama Foto Bersama Kiai Abdullah SAM di Depan Ndalem
Potret: Komunitas 863 Peduli Sesama bersama Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Kiai Abdullah SAM di Ndalem Pesantren Putri.

Dari informasi yang dihimpun oleh redaksi Pesantren Rakyat Online, adanya program ini tak lepas dari melimpahnya hasil panen sayur mayur. Selain itu, seringkali harga sayur juga sangat murah atau anjlok dan agar tidak terbuang percuma dan membusuk, maka bisa lebih manfaat jika dibagikan ke pesantren-pesantren.

Di lain sisi, Kiai Abdullah SAM, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin berterima kasih atas program Jumat Legi Berkah yang melibatkan Pesantren Rakyat. Disamping bermanfaat untuk konsumsi santri, sayur mayur seperti kubis, tomat, sawi putih, brokoli, daun bawang dan lain sebagainya turut diberikan ke lingkungan sekitar.

“Hari ini sayur dibagikan kepada warga masyarakat, guru, ustad serta jamaah dan dikirim juga satu pickup ke Pondok Pesantren Barokatul Qur’an Pakel, Sumberpucung”, kata kiai yang populer dengan julukan Kiai Sableng itu. (cha)

Reporter: Chandra Djoego

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.