Pesantren Rakyat Pemberdayaan Bahas Ekonomi Ponpes, Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen Kunjungi Pesantren Rakyat

Bahas Ekonomi Ponpes, Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen Kunjungi Pesantren Rakyat

Bahas Ekonomi Ponpes, Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen Kunjungi Pesantren Rakyat

Pesantren Rakyat Online – Pesantren Rakyat Al-Amin kedatangan tamu istimewa yakni Pimpinan Bank Jatim Cabang Kepanjen, Mochammad Anto Fachrudin, Selasa siang (19/12/2023). Pria yang karib disapa Anto itu disambut langsung oleh Kiai Abdullah SAM, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin bersama pengurus, kepala lembaga, dewan guru dan para santri di Komplek Pesantren Putri.

Mulai dari jalan masuk Masjid Al-Amin, tampak terlihat pasukan Pagar Nusa Pesantren Rakyat Al-Amin berbaris rapi mengiring kedatangan Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen itu. Tak hanya itu, alunan musik gamelan jawa yang dibawakan oleh Grup Seni Jagong Maton juga ikut meramaikan penyambutan pada siang kemarin (red).

Sembari menikmati beberapa lagu, pengasuh mengajak Anto masuk ke ruang tamu untuk berbincang ringan dan menikmati secangkir kopi. Selanjutnya, Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen itu diajak berkeliling area Pesantren Putri melihat aktifitas dan gedung-gedung pesantren, termasuk di depan Sun 3 Mart, salah satu unit usaha Pesantren Rakyat.

Selesai berkeleling di lingkungan Pesantren Putri, Kiai Abdullah SAM mengajak Pak Anto ke area Pesantren Putra yang ada bertempat 300 m dari Pesantren Putri. Tak kalah meriah, kunjungan Pimpinan Bank Jatim ini disambut dengan iringan sholawat oleh para santri.

Baca juga: SDII Pesantren Rakyat: Sekolah Bahagia Merdeka Belajar

Kunjungan Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen di Pesantren Rakyat Al-Amin 2023
Keliling: Kepala Bank Jatim Cabang Kepanjen, Anto (kiri) bersama Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Kiai Abdullah SAM (kanan) saat berada di area kolam bioflok.

Setelah turun dari kendaraannya, bersama Kiai Abdullah, Anto berjalan menujut spot kebun sayur, kolam bioflok, kolam ikan hias, tempat belajar santri, masjid dan berakhir di Ndalem Pengasuh. Di sini, pengasuh bersama Pimpinan Bank Jatim menikmati sajian kuliner khas Sumberpucung seperti kotokan mujair pedas, nasi tiwul, pecel terong dan urap-urap.

Silaturahmi ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang pernah dibahas oleh Pimpinan Bank Jatim dan Pengasuh Pesantren Rakyat tentang pengembangan ekonomi. Kiai Abdullah SAM yang juga Ketua PC ISNU Kabupaten Malang telah memulai program kerjasama ISNU dan Bank Jatim tentang pengembangan ekonomi pondok pesantren.

Pesantren Rakyat Al-Amin dikenal dengan pesantren yang menggratiskan semua biaya pendidikan termasuk makan sehari-hari. Sejak awal berdiri, ciri khas pesantren ini tidak pernah luntur. Dan untuk mencukupi semua kebutuhan santri dan operasional, Kiai Abdullah SAM mendirikan puluhan unit usaha, terbaru adalah unit usaha bis pariwisata.

“Untuk itu, upaya sinergi program ekonomi dan pengembangan usaha di Pesantren Rakyat Al-Amin dengan beragam pihak terus dilakukan. Semoga pertemuan hari ini menjadi jalan Pesantren Rakyat semakin mandiri dan sampai kapanpun tetap gratis 100%”, harap pengasuh. (yog/cha)

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.