Upgrading Lembaga, Direktur Pendidikan Pesantren Rakyat Adakan Evaluasi

0
354
Direktur Pendidikan Pesantren Rakyat

Pesantren Rakyat Online – Direktur Pendidikan Pesantren Rakyat Al-Amin, Tri Wiyanti, S.Pd.I., mengadakan rapat dewan guru dan pimpinan seluruh lembaga pendidikan, Sabtu pagi (7/3/2020). Direktur bersama kepala lembaga dan guru mulai dari TPQ, Madin, PAUD, TK, SD, SMP dan SMA membahas peningkatan kualitas pendidikan di Pesantren Rakyat Al-Amin.

Istri dari KH. Abdullah SAM, S.Psi., ini mengawali pembahasan dengan evaluasi. Ia meminta segenap pendidik terus meningkatkan tanggung jawab, disiplin dan komunikasi antar pengurus. Alumnus UIN Malang ingin setiap program yang ada dijalankan dengan semangat gotong royong.

“Mari bersama menyukseskan segala kegiatan di Pesantren Rakyat Al-Amin. Ringan sama dijinjing berat sama dipikul”, kata Tri dengan mengutip sebuah pribahasa.

Selanjutnya, perempuan yang pernah mondok di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Gontor mengingatkan para penggerak dan perintis pendidikan di Pesantren Rakyat untuk senantiasa memupuk keikhlasan. “Jika ada permasalahan sekecil apapun segera diceritakan kepada saya atau kepala lembaga” pintanya.

“Jangan sampai ada yang disembunyikan jika memiliki unek-unek. Kita tingkatkan respon yang baik terhadap program-program”, imbuh ibu tiga anak ini.

Setidaknya ada beberapa poin bahasan yang menjadi bekal untuk seluruh lembaga dan guru pada rapat yang berakhir pukul 11.00 WIB itu. Diantaranya adalah perbaikan atau tertib administrasi mulai dari SK mengajar, absensi kehadiran guru dan murid, dan buku induk lembaga. Kemudian, setiap lembaga diberikan tugas untuk memikirkan program unggulan masing-masing.

Baca juga: Ngaji Ala Jagong Maton: Ojo Wedi Ambil Resiko

Direktur Pendidikan Pesantren Rakyat
Evaluasi: Direktur Pendidikan Pesantren Rakyat saat memimpin rapat bersama kepala lembaga dan dewan guru Pesantren Rakyat Al-Amin

“Pendidikan di Pesantren Rakyat Al-Amin tetap mengutamakan akhlak pada anak didik, mendalami ilmu agama dan tentu luas ilmu pengetahuan umumnya”, tegasnya.

Selain itu, dalam meningkatkan pengetahuan dan penyamaan visi, bapak dan ibu guru diwajibkan mengikuti majlis taklim yang diadakan oleh Pesantren Rakyat Al-Amin. Ada empat majlis yakni, mar’atus sholihah tiap Selasa siang, pengajian Selasa malam Rabu di Masjid Al-Amin, fatihahan tiap Kamis malam dan Istighotsah Minggu Pahing.

“Setidaknya ada minimal 1 majlis taklim yang bapak/ibu guru bisa mengikutinya. Ini sesuai dengan pesan dari Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Kyai Abdullah”, pesan perempuan yang juga memiliki bisnis online itu.

Di akhir rapat yang berlangsung di Mushola Pesantren juga membahas penjaringan murid baru serta penentuan agenda terdekat. Ada Market Class pada 13 Maret 2020, Perkemahan Jumat-Sabtu tanggal 13-14 Maret 2020, Outing Class pada 19 April 2020, dan Out Bound Wali Murid PAUD Al-Amin di 18 April 2020.

“Khusus penjaringan murid, saya berpesan pengurus setiap lembaga segera menyediakan formulir pendaftaran dan perangkat pendukung lainnya”, tutup Tri. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.