Kyai Abdullah SAM: Pentingnya Tempa Mental Kompetisi Santri

0
231
Kyai Sableng

Pesantren Rakyat Online – Disela acara Festival Santri 2019, Kyai Abdullah SAM, S.Psi., Pengasuh Pesantren Rakyat bercengkrama dengan para santri, Sabtu malam (27/7/2019). Momen tersebut terjadi di tengah lomba hadrah dan malam seni Festival Santri 2019.

Kyai yang dekat dengan para santri ini menyampaikan beberapa pesan pentingnya berkompetisi. Kata beliau, perlombaan kecil seperti saat ini (kemarin, red) jadikan sebagai sarana menempa mental.

“Jadikan tangga untuk mendidik mental petarung hingga ke level internasional. Semua berawal dari hal-hal yang kecil seperti ini untuk belajar lebih baik kedepannya”, tutur pengasuh yang gemar menyanyikan lagu Boulevard ini.

Baca juga: Lomba Cerdas Cermat, Santri Asal Banyuwangi Ini Rebut Juara 1

Festival Santri
Perhatian: Santri mendengarkan arahan dari Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin di Festival Santri 2019

Kemudian, Kyai Sableng menyeritakan pengalamannya saat mengikuti lomba-lomba dari level bawah hingga bisa menjuarai di tingkat nasional. Di tengah cerita, Kyai yang sering membuat joke ini mengatakan, menang adalah urusan nomor sekian.

“Yang penting nomor satu”, selorohnya disambut tepuk tangan dan gelak tawa para santri.

Selanjutnya, di event yang rencananya digelar rutin kedepannya, peraih juara akan mendapat hadiah langsung dari Kyai Abdullah SAM. “Dan yang terbaik dapat diikutkan di tingkat yang lebih tinggi”, tutup Kyai Rakyat. (ncp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.