Pesantren Rakyat Uncategorized Santri Pesantren Rakyat Diklat Satgas Pesantren Ramah Anak RMI NU Jatim

Santri Pesantren Rakyat Diklat Satgas Pesantren Ramah Anak RMI NU Jatim

Santri Pesantren Rakyat Diklat Satgas Pesantren Ramah Anak RMI NU Jatim

Pesantren Rakyat Online – Dua santri Pesantren Rakyat Al-Amin mengikuti kegiatan Pelatihan Satgas Pesantren Ramah Anak yang diselenggarakan oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Jawa Timur, Jumat (14/10/2022). Acara yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Ittihad Poncokusumo ini adalah hasil kerjasama dengan Griya Curhat Keluarga (GCK) Perempuan Bangsa Jawa Timur.

Santri yang ditugaskan oleh Kiai Abdullah SAM, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin adalah Dea Lova Adelia dan Syevia Nur Amanah. Dea merupakan santri asal Kalipare, Malang yang duduk di bangku SMA Pengusaha dan Syevia adalah santri asal Wajak, Malang yang saat ini mengenyam pendidikan tinggi di kampus STIT Ibnu Sina Malang.

Seperti diketahui, santri putri yang menjadi perwakilan pesantren ini juga menjadi Pengurus Lurah Santri Pesantren Rakyat Al-Amin. Mereka dilatih oleh narasumber berpengalaman tingkat provinsi.

Baca juga: Yudisium Pasca IAI Al-Qolam: Kiai Abdullah SAM Serahkan Buku Kepada Rektor

Pengurus Pesantren se-Kabupaten Malang Ikuti Diklat Satgas Pesantren Ramah Anak
Formal: Pengasuh dan pengurus pondok pesantren se-Kabupaten Malang saat mengikuti Diklat Satgas Pesantren Ramah Anak di PP. Al-Ittihad Poncokusumo.

Selama dua hari sampai Sabtu (15/10/2022), para peserta mendapat lima materi yang terbagi delapan sesi dikolaborasi dengan metode diskusi interaktif antar kelompok. Diantara materi yang dipelajari adalah masalah dan respon, etika dalam pendampingan konseling berbasis pesantren NU serta teori relasi kuasa dan studi kasus identitas gender. Di akhir sesi pelatihan ada penyampaian manajemen kasusa la pesantren dan problem solving coaching clinic.

Menurut informasi yang dihimpun, Acara ini diikuti oleh pengurus pesantren dan kiai/bu nyai se-Kabupaten Malang. Adapun target adanya forum ini adalah membangun kesepahaman antara multistakeholders yang hadir tentang pentingnya Pesantren Ramah Santri (PRS). (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.