Pesantren Rakyat Sekolah Murid SDII Pesantren Rakyat Belajar Pertanian Metode Akuaponik

Murid SDII Pesantren Rakyat Belajar Pertanian Metode Akuaponik

SDII Pesantren Rakyat Belajar Pertanian Metode Akuaponik

Pesatren Rakyat Online – Sekolah Dasar Islam Integratif (SDII) Pesantren Rakyat Al-Amin mengadakan pembibitan tanaman aquaponik dan kerja bakti di sekitar lingkungan sekolah, Rabu pagi (21/7/2022). Kegiatan yang dimulai selepas senam ini diikuti oleh semua murid dan guru.

Pembibitan tanaman aquaponik ini merupakan rangkaian kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Pesantren (PLSP) pada hari keempat. Kegiatan diawali dengan kerja bakti di lingkungan sekolah. Selain membersihkan rumput, kerja bakti ini juga ditujukan untuk melatih kerja sama siswa.

“Belajar mandiri, bekerja sama, menjaga kebersihan lingkungan, belajar bertanggung jawab, saling membantu”, tulis Bu Anis selaku guru SDII dalam postinggannya yang disertai beberapa foto kegiatan.

Baca juga: PLSP Hari Keempat: Bentuk Pribadi Sehat, Cinta Tanah Air dan Religius

Murid SDII Pesantren Rakyat Belajar Pertanian Metode Akuaponik
Antusias: Murid SDII Pesantren Rakyat Al-Amin praktek pembibitan bersama Kak Hafid (tengah baju hijau).

Selanjutnya, kegiatan pembibitan aquaponik berlangsung di Halaman Kantor SDII Pesantren Rakyat Al-Amin. Dikutip dari rumah.com, sistem tanam aquaponik adalah sistem pertanian yang memanfaatkan kotoran ikan sebagai sebagai nutrisi bagi tanaman dan memanfaatkan tanaman sebagai pengendali kualitas air bagi ikan. Dengan kata lain, tanaman aquaponik tidak memerlukan media tanah dan lebih hemat dalam penggunaan air dan lahan.

Pada praktek pembuatan aquaponik murid SDII kali ini dipandu oleh Kak Hafid. Ia menjelaskan kepada seluruh siswa apa saja media yang digunakan dan bagaimana cara pembibitannya. Tak sendiri, Hafid juga dibantu oleh guru lainnya. Untuk diketahui, tanaman yang digunakan kali ini adalah tanaman sawi dan kangkung.

Di lain sisi tampak seluruh siswa antusias ikut mempraktekkan setiap langkah-langkah penanaman aquaponik. Hal ini terlihat, saat mereka berebut bibit yang diberikan oleh para guru. Adapun tujuan kegiatan pembibitan tanaman aquaponik ini agar para siswa tahu bahwa tidak semua tanaman harus ditanam menggunakan tanah dan hal ini dapat menjadi laboratorium belajar siswa. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.