Pesantren Rakyat Pesantren Corner Kompak! Kepala Lembaga Pesantren Rakyat Bagi Takjil 3 Tempat & Bukber

Kompak! Kepala Lembaga Pesantren Rakyat Bagi Takjil 3 Tempat & Bukber

Kepala Lembaga Pesantren Rakyat Al-Amin bersama Nyai Silfia Heni seusai Bagi Takjil

Pesantren Rakyat OnlineCivitas academica Pesantren Rakyat Al-Amin mengadakan kegiatan Bagi Takjil dan Bukber pada bulan Ramadhan 1444 H ini, Minggu (9/4/2023). Acara ini rutin digelar tiap tahunnya yang melibatkan seluruh murid dan dewan guru dari seluruh lembaga pendidikan Pesantren Rakyat Al-Amin, mulai dari Madrasah Diniah, TPQ, Pesantren Anak, PAUD/TK, SDII, SMPII dan SMA Pengusaha.

Sejak siang hari, tampak dewan guru bersama pengurus OSIS SMPII dan SMA Pengusaha sudah sibuk membuat aneka minuman segar di Gedung BLK Pesantren Rakyat Al-Amin. Gelas plastik tertata rapi dengan isian cincau, mentimun dan selasih. Di bawah komando Ustadzah Rizki Anis Sholikhah, Kepala TPQ Pesantren Rakyat Al-Amin, racikan minuman berwarna merah segar dituangkan ke masing-masing gelas.

Baca juga: Komunitas 836 Baksos Donasi Sayur dan Buka Bersama di Pesantren Rakyat

Kompak! Kepala Lembaga Pesantren Rakyat Bagi Takjil 3 Tempat & Bukber
Kompak: Keluarga besar PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin (KB & TK) pada kegiatan bagi takjil Ramadhan 1444 H.

Sementara itu, ikut membantu dalam kesempatan tersebut adalah Ustadzah Nur Rohmatun, Pengasuh Pesantren Anak, Lu’lu’il Maknun, Kepala SMA Pengusaha serta dewan guru SDII Pesantren Rakyat, Ibu Wiwik Hadarini, Wiji dan Siti Khotimah. Selain sibuk mempersiapkan takjil, juga terlihat pengurus OSIS menyiapkan tulisan spanduk bagi takjil, memecah es batu dan mengupas bahan-bahan.

Di tempat berbeda, Kepala TK dan KB Pesantren Rakyat Al-Amin, Firza Syaiba Asnha dan Arifatul Chasanah juga melakukan hal serupa. Tak sendirian, Kepala TK dan KB bersama dewan guru dibantu oleh pengurus paguyuban. Tampak kerjasama serta kekompakkan para ibu-ibu wali murid TK dan KB ini di Kediaman Ibu Siti, RT. 04 Dusun Krajan Sumberpucung.

Baca juga: Pesantren Rakyat Al-Amin Kukuhkan 3 Kepala Lembaga Baru: TPQ, SDII, KB

Bagi Takjil SDII Pesantren Rakyat Al-Amin
Akrab: Ustad Holiq, Kepala SDII Pesantren Rakyat Al-Amin (tengah) bersama murid pada kegiatan bagi takjil Ramadhan 1444 H.

Tak berlama-lama, setelah persiapan usai, takjil langsung dibawa ke lokasi pembagian. Ramadhan kali ini, ada tiga titik kumpul bagi takjil. Untuk santri Pesantren Anak kelas 1 sampai 4 SD, murid TK dan KB lokasi pembagian takjil berada di pertigaan RT. 05 Dusun Krajan Sumberpucung. Terlihat antusias anak-anak KB dan TK mengikuti kegiatan kali ini. Mereka tampak berebut memberikan takjil dan dalam sekejap saja ratusan takjil yang disiapkan langsung ludes dalam hitungan menit.

Di sisi lain, SDII Pesantren Rakyat Al-Amin memilih RT. 25 Dusun Suko Sumberpucung sebagai titik kumpul. Ustad Holiq, Kepala SDII Pesantren Rakyat Al-Amin pada bagi takjil kali ini ikut mengawal kegiatan secara langsung di lapangan yang dibantu oleh Nova, wali murid SDII. Dengan semangat, beliau mendampingi murid-muridnya memberikan satu per satu takjil kepada masyarakat yang melintas di tempat tersebut. Tak sendiri, Ustad Holiq ditemani oleh dewan guru, Ibu Ifa dan Siami.

Baca juga: Cipta Produk Kreatif, Santri Pesantren Rakyat Belajar Pembuatan Sabun Cair

Bagi Takjil SMPII SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin
Top: Kepala SMPII & SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin bersama pengurus OSIS dalam kegiatan bagi takjil Ramadhan 1444 H.

Selanjutnya, SMPII dan SMA Pengusaha memilih SPBU Sumberpucung menjadi tempat pembagian takjil. Muhammad Anis Yahya, Kepala SMPII Pesantren Rakyat Al-Amin dengan pengurus OSIS menyasar pelanggan SPBU dalam pembagian kali ini. Bersamaan dengan itu, ada pengurus PAC IPNU IPPNU Sumberpucung yang melakukan hal serupa sehingga sempat mengakibatkan arus lalu lintas mengular hingga ke depan Pasar Sumberpucung.

Puncak rangkaian kegiatan Ramadhan Berkah ini adalah Buka Bersama (Bukber) di Ndalem Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Kiai Abdullah SAM. Sebelum itu, Nyai Silfia Heni Abdullah sempat menyapa dewan guru dan berswa foto di depan Gedung BLK Pesantren Rakyat Al-Amin. Setelah azan Maghrib berkumandang, seluruh civitas academica yang hadir langsung menikmati sajian berbuka puasa. Momen ini merupakan sarana membangun kekompakkan dan ikatan emosional yang kuat antar pengurus. (cha)

Bukber Civitas Academica Pesantren Rakyat Al-Amin Ramadhan 1444 H
Nikmat: Momen Bukber civitas academica Pesantren Rakyat Al-Amin Ramadhan 1444 H
4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.