Pesantren Rakyat Organisasi 4 Santri Pesantren Rakyat Ikuti Diklat Tanggap Bencana RMI NU & BPBD Jatim

4 Santri Pesantren Rakyat Ikuti Diklat Tanggap Bencana RMI NU & BPBD Jatim

4 Santri Pesantren Rakyat Ikuti Diklat Tanggap Bencana RMI NU & BPBD Jatim

Pesantren Rakyat Online – 4 (empat) santri Pesantren Rakyat Al-Amin mengikuti Diklat Pesantren Tanggap Bencana yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Malang, Selasa (22/11/2022). Pada acara yang bertajuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) itu, penyelenggara mengundang sebanyak 100 santri dari perwakilan 50 pesantren di Kabupaten Malang.

Para santri Kiai Abdullah SAM yang didelegasikan pada kegiatan kali ini adalah Nur Kholis dan Yuliantoni Pratama, siswa SMPII Pesantren Rakyat Al-Amin. Di sisi lain ada Ikhsanudin Nur dan M. Misbahkhul Munir sebagai perwakilan SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin.

Baca juga: Kiai Abdullah SAM Hadiri Silaturahim Apresiasi Driver Ambulance Malang Raya

Bertempat di Pondok Pesantren Darul Huda Sumbermanjing Wetan, kegiatan ini berlangsung hingga Rabu (23/11/2022). Selama dua hari, ada delapan materi yang diterima oleh seluruh. Secara umum pembahasan diarahkan kepada upaya penanganan bencana serta teknik evakuasi mandiri.

Selain diberikan materi, para peserta juga diminta untuk membuat prosedur sederhana penanganan bencana. Materi tersebut tidak hanya disampaikan oleh perwakilan BPBD, tetapi juga disampaikan oleh anggota DPRD Jawa Timur dan perwakilan PLN Tumpang.

Selain dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Huda Sumbermanjing. Acara ini juga digelar di PPPIA Jeru SMP Al-Hikmah Tumpang. Adapun target dari acara ini adalah untuk membentuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) tahun 2022 pada setiap pesantren. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.