PLS SMP dan SMA Al-Amin, Sekretaris PC LTMNU Kab. Malang Beri Materi Aswaja

0
126
Pesantren Rakyat

Pesantren Rakyat Online – Peserta PLS SMP dan SMA Islam Integratif Al-Amin menerima materi NU dan Aswaja di hari pertama, Rabu (10/7/2019). Di kesempatan ini, siswa-siswi langsung bertatap muka dengan Kyai Aminuddin Zuhri, Sekretaris PC LTMNU Kabupaten Malang.

Di bagian pembuka, beliau menjelaskan tentang Islam yang terbagi menjadi 73 golongan, diantara yang akan masuk surga hanya Ahlussunnah Wal Jama’ah. “Orang yang bersamaku dan bersama para sahabatku, kata Rasul”, paparnya.

Kemudian, narasumber yang juga pengurus MWC NU Sumberpucung ini menggambarkan perpecahan yang terjadi saat itu. Mulai dari peperangan antara Ali bin Abi Thalib dengan yang mendukung sahabat Zubair. Ini menjadi cikal bakal munculnya Syi’ah.

“Khawarij dalam perebutan kekhalifahan hingga dalam alur keturunan Abu Musa Al-Asy’ari hingga lahir Abu Hasan Al-Asy’ari pencetus Aswaja Asy’ariyah yang akidahnya mengikuti Abu Hasan Al-Asy’ari, 4 khalifah dan para sahabat, 4 imam madzhab, para Imam Hadist, para Wali dan para Ulama juga Kyai”, terang pria yang berdomisili di Desa Ngebruk ini.

Baca juga: Susun Program Pembelajaran Baru, PAUD Al-Amin Adakan Workshop Guru

Sehingga lanjutnya, warna dalam berakidah sangat lengkap, arif dan bijak, selalu selaras dengan berbagai warna dan dalam membawa Islam rahmatan lil ‘alamin dengan kelengkapan dasar akidah yg dimiliki.

Di akhir materinya, Kyai Aminuddin berpesan kepada murid SMP dan SMA yang juga santri Kyai Abdullah SAM, S.Psi., untuk tidak mudah membid’ahkan dan mengkafirkan satu sama lain. “Bid’ah bukan merupakan hukum, melainkan hanya perkara-perkara yang belum dicontohkan oleh Rasulullah saw”, tuturnya.

“Banyak macam-macam bid’ah, maka dari itu kita harus teliti karena para ulama kita sangatlah teliti, agar tidak mudah membid’ahkan dan mengkafirkan orang lain” tutupnya.

Seusai materi yang bertempat di Masjid Al-Amin itu, perwakilan sekolah, Muhammad Nawawi, SH., memberikan cinderamata kepada Kyai Aminuddin Zuhri. (naw/cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.