Pesantren Rakyat Uncategorized Tulisan Salimah Mahasiswa Asal Kamboja Tentang PAUD dan Khotmil Qur’an DI Pesantren Rakyat

Tulisan Salimah Mahasiswa Asal Kamboja Tentang PAUD dan Khotmil Qur’an DI Pesantren Rakyat

Khotmil Qur’an

 

Mushola al Amin adalah satu rumah atau tempat yang berada di desa sumberpucung. Mushola ini dipimpin oleh ketua takmir Ustad Sukarno Mahfudin, setiap hari penduduk, mulai dari anak kecil pemuda pemudi, ibu bapak, kebanyakan sholat berjamaah disana.

Khotmil qu’an adalah salah satunya program dalam musholla al Amin, Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap selapan hari sekali, yang bertujuan untuk mengirim do’a kepada Almarhum-Almarhumah. Dari kegiatan Khotmil Qur’an dan kirim do’a ini, Mushola mendapatkan pemasukan dana dari masyarakat yang mengirimkan nama almarhum-almarhumah. Dana yang diperoleh dipergunakan untuk melengkapi kebutuhan yang menyangkut masalah pengembangan mushola.

Mulai pagi hari barusan saja habis sholat subuh. Pada hari kamis kliwon saya dan teman saya ke mushola untuk baca kitap suci al qu’ran,Ba’da Sholat Subuh sampai selesai, Ketika sedang baca tipa-tipa kebanyakan orang datang. Namun kedatangan mereka dengan membawa sebuah surah yang berada isi nama-nama, begitu juga uang dalamnya. Sebuah kata dari guru Pound al Amin, ustad Yahya berkata“uangan yang berada didalam surat ketika (mahasiswa kkm kelompok 115)baca itu uang amal untuk pengembangan mushola al Amin dan keputuhan dalam masyarakat Rt 07.Khotmil Qur’an ini biasanya laksanakan setiap satu bulan satu kali, dan bertujuan untuk kirim do’a kepada Almarhum-Almarhuma”.

Nah selama saya kkm dimasyarakat Rt 07 desa sumberpucung, bertempat dipasentren rakyat al amin, saya dapat banyak pengalaman,dan pengatahuan, seperti acara khotmil al qur’an ini yang di Negara saya tidak pernah ada acara seperti ini di masjid maupun musholla. Kalau saya tidak tinggal didesa tidak ada kkm, saya pasti tidak ketahui bahwa di Indonesia, kebiasaannya seperti ini, orang-orang desana bagaimana, tinggal didesa merasa begaimana.

Alhamdulillah syukur pada Allah, selama saya dimasyarakat Rt 07 desasumberpucung  saya senang dan betah disana. Saya dapat banyak belajari disana, banyak pengatahuan, pengalaman, apa yang saya tidak pernah ketamu atau tidak pernah melihat.  Saya dimasyarakat Rt 07 desa sumberpucung pasentren rakyat al amin yang luar biasa itu, saya sudah ketamu,sudah melihat sudah tahu acara khotmil al qur’an nya tujuan untuk apa, uang yang ada di surat itu tujuan untuk apa. Ini bisa disebut pengalaman baru untuk saya yang saya tidak pernah melihat acara ini dinegara saya. Perasaan tinggal didesa, ternyata menarik alhamdullah saya senang dan bahagia sekali disana. Begitu juga saya senang ketita saya khotmil al qur’an,bahagia denngan membaca kitab suci al qur’an. Senang dengan khotmil yang dapat banyak pahala juga maanfaat untuk masyarakat Rt 07desa sumberpucung.

 

 

Cara-cara mengajar anak PAUD pesantren rakyat al amin

 

Pesantren rakyat al amin adalah sebuat nama sekolah kecil, yang berada diposisi tanah air RT 07desa sumberpucung.  Pesantren ini bisa mendiri dan berkembangan dipimpin oleh Ustad Abdullah Sam. Beliau mendirikan pesantren ini dari dua telapak tangan, kekuasaan,usaha dan keringatan beliau, mulai dari rumah bamboo, rumah yang kecil sehingga pesantren inidapatkemajuan dan dikenal orang sampai gini.

Mulai pagi hari ibu,bapak menganter anak-anaknya ke pesantren rakyat al amin. Setiap hari pada pukul 8:00 dipesantren rakyak al amin, ramai dengan ibu, bapak dan anak-anak paud.

 

Dalam seminggu ada dua hari saja yang muridtidak belajar yaitu hari sabtu dan minggu. Setiap hari mulai 8:00 pagi adik-adik berbaris, setelah itu mereka masuk kelas, dikelas setiap hari para guru paud mengajar anak-anaknya tentang do’a-do’a, pancasila, arap, inggis, cara sholat, cara wuduk, mengjar anak-anak mencintai kedua orangtuanya, para dosennya. Yang sangat menarik saya juga yaitu pada hari jum’at, anak-anak paud pesantren rakyat al amin ada satu program yaitu semua anak-anak, ayah, ibudan para dosennya makan bersama. Nah ini satu program yang bagus yang saya tidak pernah melihat sekolah di desa saya belum ada.

Namun dalam seminggu ada sehari semua anak-anak paud latihan tari-tarian seni. Dalam pesantren rakyatal amin, bukan hanya belangar saja tetapi para gurunya mengajar anak-anak tentang kebudayaan seni dinegara mereka. Sistem mengajar para guru paud juga bukan hanya mengajar saja tetapi guru-gurunya ingin anak-anak pinter, semangat, berani, dan kemajuan kedepan semua belajaran,maupunn kebudayan.Para dosen anak-anak paud al amin mempunyai tiknek, kesemangatan dankesebaran dalam mengajar murid mereka.

Menurut saya pesantren rakyat al amin inimempunyai kemajuan, sistem-sistem mengajar adik-adik paud kualitas tinggi luar biasa. Miskipun pesantren ini kecil tapi kebanyak orang-orang menganal kualitas dalam mengajar, kalau berbicara tentang biayar sekolahnya tidak mahal, dan khusus pada anak yatim, dari bapak Abdullah sam beliau berkata “pada anak yatim belajar tidak biayar mereka belajar dengan gratis”. Nah  ini adalah satu activitas yang sangat bagus untuk Negara, walaupun pesantren ini kecil tapi sudah mampunyai kemajuan dan kualitas tinggi, dan kepala sekolah saling pertolongan dan berpikir tentang negera dan anak-anak yang sudah terpisah dari orang tua-nya (anak yatim).

 

 

 

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.