Pesantren Rakyat Sekolah Sukses! ANBK Perdana SDII Pesantren Rakyat Dikunjungi Dindik Provinsi Jatim

Sukses! ANBK Perdana SDII Pesantren Rakyat Dikunjungi Dindik Provinsi Jatim

Sukses! ANBK Perdana SDII Pesantren Rakyat Dikunjungi Dindik Provinsi Jatim

Pesantren Rakyat Online – SD Islam Integratif (SDII) Pesantren Rakyat Al-Amin mengikuti kegiatan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) perdana pada Rabu (2/11/2022). Pada penilaian nasional yang berlangsung selama dua hari itu, diikuti oleh siswa kelas 5 (lima) dan merupakan perdana bagi sekolah yang berdiri pada 2017 ini.

Sebelum pelaksanaap, segenap dewan guru dan pengurus yang didampingi langsung oleh kepala sekolah telah mempersiapkan segala kebutuhan dengan baik. Tampak, penataan alat dan infrastuktur mulai dari komputer dan jaringan internet yang menjadi modal utama untuk ANBK telah disiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan.

Sebagai informasi, SDII Pesantren Rakyat memiliki laboratorium komputer yang terkoneksi internet. Di dalam laboratorium tersebut terdapat 17 komputer yang terdiri dari 1 (satu) server dan 16 (enam belas) client.

ANBK 2022 SDII Pesantren Rakyat Al-Amin
Potret: Monev ANBK 2022 di SDII Pesantren Rakyat Al-Amin oleh Dindik Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang

Tak hanya itu, adanya kelas komputer bagi siswa SDII juga turut membantu mereka dalam mengerjakan soal ANBK. Para siswa tak terlihat ‘kagok’ dalam mengoperasikan komputer dan aplikasi ANBK seperti menginput username, password, mengetik, menggerakkan cursor dan lain sebagainya.

Bahkan pada ANBK tahun 2022 ini, SDII Pesantren Rakyat dikunjungi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang yang diwakili oleh Bapak M. Rifai Arys, Toni Iskandar dan Agus Suyono. Beliau bertandang langsung ke Laboratorium Komputer Pesantren Rakyat dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev). Tak sendiri, M. Rifai beserta rombongan didampingi oleh Wari dan Taman dari Korwil Pendidikan Kecamatan Sumberpucung.

Pada kesempatan singkat tersebut, para pemangku kebijakan pendidikan tersebut turut ditemui oleh Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Kiai Abdullah SAM, S.Psi., M.Pd., dan Kepala SDII Pesantren Rakyat, Ibu Wiwik Hadarini, S.Pd. Di ruang tamu, beliau berdua bercerita sejarah berdirinya Pesantren Rakyat dengan pendidikan gratis, merakyat dan berkualitas hingga mendirikan lembaga pendidikan mulai dari PAUD, TK, SDII, SMPII, SMA Pengusaha dan Perkuliahan.

Baca juga: PAUD Pesantren Rakyat Adakan Rapat Rutin Paguyuban, Bahas Ini

Lebih lagi, Kiai Abdullah SAM juga mengajak rombongan melihat lokasi tanah, bangunan dan beragam laboratorium yang dimiliki Pesantren Rakyat. Puncaknya, tim Monev Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur disuguhkan penampilan gamelan yang dibawakan oleh para santri. Tak pelak, M. Rifai terhipnotis dan ikut menyanyikan sebuah lagu diiringi tabuhan kendang dan alunan musik gamelan.

Secara umum, M. Rifai mengapresiasi pendidikan yang ada di Pesantren Rakyat. Pria asli Jombang itu dibuat takjub dengan penyambutan yang diberikan, termasuk saat meninjau laboratorium komputer, menyimak tampilan santri dalam terjemah cepat Al-Qur’an dan baca kitab hingga menikmati alunan musik gamelan.

Seusai sholat zuhur berjamaah, tim Monev dari provinsi dan kabupaten tersebut melanjutkan perjalanannya ke sekolah lainnya. Sebelumnya, seluruh tim berswafoto dengan pengasuh, kepala sekolah dan dewan guru SDII Pesantren Rakyat Al-Amin.

Siswa SDII Pesantren Rakyat ANBK di Ruang Komputer
Persiapan: Siswa SDII Pesantren Rakyat memulai ANBK perdana tahun 2022 di Laboratorium Komputer.

Walaupun yang pertama bagi SDII Pesantren Rakyat, pelaksanaan ANBK 2022 secara keseluruhan berjalan dengan lancar dan minim kendala. Pada hari pertama penilaian ada dua hal yakni survei karakter dan survei lingkungan. Sementara itu penilaian literasi dan numerasi dilaksanakan pada hari kedua.

Rizki Anis Solikhah atau yang lebih akrab disapa Bu Anis, guru SDII Pesantren Rakyat bersyukur kegiatan ini berjalan dengan lancar atas dukungan berbagai pihak. Ia yang juga bertindak sebagai proktor pada ANBK kali ini menyebut para siswa mengikuti tahapan persiapan dengan baik dan semangat

“Alhamdulillah SDII Pesantren Rakyat bisa melaksanakan ANBK perdana dengan lancar. Anak-anak juga kooperatif, semoga ANBK tahun-tahun berikutnya bisa diikuti dengan semakin baik”, ungkapnya. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.