Pesantren Rakyat Pesantren Corner Siswa SMPII dan SMA Pengusaha Peringati Hari Pahlawan dengan Psikomovie

Siswa SMPII dan SMA Pengusaha Peringati Hari Pahlawan dengan Psikomovie

Psikomovie Peringatan Hari Pahlawan Santri Pesantren Rakyat 2021

Pesantren Rakyat Online – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP dan SMA Islam Integratif Pesantren Rakyat memperingati Hari Pahlawan di Aula Pesantren Putri, Rabu (10/11/2021). Pada hari bersejarah ini diperingati dengan nonton bareng film “Bumi Manusia”.

Acara yang digelar seusai sholat zuhur ini diikuti oleh siswa siswi SMP dan SMA Islam Integratif Pesantren Rakyat. Tidak ketinggalan, ada Mas Hafid selaku pembina ekstrakurikuler dan Ustad Aam yang juga ikut menonton film berdurasi tiga jam ini.

Digelar dengan sangat sederhana, acara ini dibuka oleh Farhan selaku Ketua OSIS SMP dan SMA Islam Integratif dengan membacakan sinopsis film dan peraturan yang harus dipatuhi saat film berlangsung. Selanjutnya, seluruh santri dengan antusias menonton film bergenre drama biografi sejarah ini.

Film yang dibintangi oleh Iqbal Ramadhan dan Mawar de Jongh ini merupakan film yang diangkat dari novel karangan sastrawan Indonesia yang mendunia Pramoedya Ananta Toer. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film ini menceritakan tentang dua anak manusia yang meramu cinta di atas pentas pergelutan tanah kolonial awal abad ke 20.

Baca juga: UNISMA Ngaji Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Kiai Abdullah SAM

Presentasi Psikomovie Hari Pahlawan Santri Pesantren Rakyat
Presentasi: Santriwati Pesantren Rakyat menyampaikan pesan moral dari film yang ditonton

Berkisah tentang kehidupan Minke (Iqbal Ramadhan), siswa HBS/Hogere Burgerschool yang merupakan sekolah menengah atas dengan bahasa pengantar bahasa belanda. Cinta yang hadir di hati Minke untuk Annelies (Mawar de Jongh) membuatnya harus melewati pergulatan batin yang tak berkesudahan.

Tidak hanya menonton film, para siswa juga diberi tugas perkelompok untuk dikerjakan. Setiap kelompok yang terdiri atas lima orang ini diberi pertanyaan sebanyak 20 yang dikumpulkan malam harinya.

Setelah isya semua siswa diminta untuk mengumpulkan tugas yang telah diberikan siang tadi (red). Selain itu juga ada perwakilan kelompok yang maju untuk mempresentasikan pesan moral yang mereka dapat dari film ini.

Selain itu juga ada hadiah yang diberikan kepada kelompok yang menjawab semua pertanyaan dengan benar. Hadiah ini bertujuan untuk mengapresiasi mereka agar tidak hanya menonton film tetapi juga dapat memetik pesan moral dari film yang mereka lihat. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.