Pesantren Rakyat Sekolah Serba Serbi Hari Kedua PLSP: Tingkatkan Kreatifitas dan Kedisiplinan Santri

Serba Serbi Hari Kedua PLSP: Tingkatkan Kreatifitas dan Kedisiplinan Santri

Day 2 PLSP SMP SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin

Pesantren Rakyat Online – Hari kedua Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Pesantren (PLSP) tahun 2022 berlangsung semakin menarik dengan beragam kegiatan Selasa (19/7/2022). Tiap satuan pendidikan Pesantren Rakyat Al-Amin mengembangkan pola pengenalan interaktif untuk murid dan wali murid pada PLSP kali ini.

Tampak di PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin misalnya, melanjutkan PLSP dengan membatik sibori bersama seluruh wali murid. Kegiatan membatik ini dipandu langsung oleh Ibu Lilik. Beliau adalah pelatih batik di Kecamatan Sumberpucung yang telah berpengalaman dengan berbagai metode membatik.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh tim redaksi, hasil dari membatik tersebut bakal menjadi seragam sekolah di PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin.

Day 2 PLSP PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin
Kompak: Kebersamaan dewan guru PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin bersama wali murid saat pelatihan membatik.

Baca juga: Apel Pembukaan Hingga Screening Kelas Mengaji Santri Awali Giat PLSP 2022

Sementara itu di SDII Pesantren Rakyat Al-Amin ada sosialisasi tata tertib sekolah yang wajib dipatuhi oleh semua murid. Sosialisasi tata tertib ini disampaikan langsung oleh Rizki Anis Sholikhah selaku Guru SDII.

Bu Anis sapaan akrabnya, berharap para murid dapat meningkatkan kedisiplinan sesuai ketentuan yang telah disampaikan.

Day 2 PLSP SDII Pesantren Rakyat Al-Amin
Terang: Penjelasan Bu Anis (baju biru kiri) mengenai tata tertib selama pembelajaran di SDII Pesantren Rakyat Al-Amin.

Di tempat yang berbeda, PLSP SMPII dan SMA Pengusaha pada hari kedua ini dilanjutkan dengan materi Public Speaking. Materi ini dibawakan oleh Muchammad Amiruddin Salamullah M.I.Kom.

Seusai sholat dhuha, para peserta PLSP menerima materi Latihan Baris Berbaris (LBB) yang disampaikan oleh Kak Hafid selaku Pembina paskibra Pesantren Rakyat di Masjid Al-Amin.

Day 2 PLSP SMP SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin - Public Speaking & LBB
Narsum: Materi LBB oleh Kak Hafid (kiri) dan Public Speaking oleh Mas Aam (kanan) di PLSP SMPII & SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin.

Masih di hari yang sama, tepatnya pada pukul 19.00, pengurus pondok putra dan putri memaparkan kegiatan pesantren. Dengan pemahaman akan lingkungan pesantren yang baik, pengurus berpesan setiap santri untuk disiplin dalam tiap aktifitas.

Selama kegiatan berlangsung, seluruh santri baru tampak serius mengikuti dan memahami setiap materi yang diberikan oleh narasumber. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.