Pesantren Rakyat Uncategorized SENI MUSIK DI PESANTREN RAKYAT AL-AMIN

SENI MUSIK DI PESANTREN RAKYAT AL-AMIN

Oleh: Nur Fuad Ponorogo

Bermacam-macam aliran musik lahir dari berbagai daerah di dunia, termasuk di Indonesia, yang banyak memiliki berbagai seni musik tradisional yang tidak dimiliki oleh negara lain. Salah satunya adalah Seni Musik Gamelan Jawa. Seni musik ini berasal dari Jawa. Gamelan Jawa terdiri atas beberapa instrumen, diantaranya gong, kenong, kendhang, peking, saron, kempol, angklung, dll. Seringkali seni musik dijadikan sebagai sarana dakwah penyebaran Islam, sebagaimana yang dilakukan oleh Pesantren Rakyat Al-amin.

Pesantren Rakyat Al-amin merupakan lembaga pendidikan Islam yang terletak di Desa Sumberpucung, Malang, Jawa Timur. Pesantren ini menggunakan seni musik sebagai sarana metode dakwah karena dipandang cukup efektif menurut Ustad Abdullah SAM selaku pengasuh pesantren.

Alasan digunakannya seni musik sebagai sarana metode dakwah dikarenakan pada awal berdirinya, pesantren ini terletak ditengah-tengah masyarakat yang abangan (masyarakat tradional). Beberapa jenis seni musik yang ada di pesantren rakyat ini diantaraya Seni Musik Gamelan Jawa, Hadrah, dan Seni Musik Modern.

Seni musik gamelan inilah yang cikal bakalnya menjadikan Desa Sumberpucung yang awalnya penuh dengan perjudian, dekat dengan prostitusi, banyak anak tidak sekolah, banyaknya perselingkuhan, semuanya dapat teratasi. Dalam prosesnya, seni gamelan ini dipadukan dengan “Jagong Maton”, yaitu berkumpulnya warga sekitar untuk bermusyawarah dan untuk mempererat tali persaudaraan.

Kegiatan jagong maton diadakan setiap hari sabtu malam, rutin setiap minggunya. Seni  musik gamelan dimainkan di awal jagong maton dan di sela-sela waktu musyawarah. Jagong maton berisi diskusi-diskusi ringan yang membahas berbagai permasalahan kampung, yang tentunya juga akan berdampak positif bagi Desa Sumberpucung.

Disamping itu, seni musik modern juga menjadi kunci utama untuk merangkul para pemuda kampung. Bagi pemuda yang berminat di bidang musik, pesantren menyediakan berbagai alat musik modern, seperti drum, guitar elektrik, bass, dan keyboard yang secara tidak langsung membuat para pemuda yang awalnya menjauh dari pesantren, mulai mau mendekati pesantren.

Dengan metode dakwah inilah warga kampung lambat laun mulai lebih mengenal agama Islam. Kebiasaan buruk seperti mabuk-mabukan dan perjudian, menghilang dengan sendirinya. Saat ini, selain difungsikan seperti tujuan awalnya, seni musik di pesantren rakyat al-amin juga menjadi sarana pendukung berbagai kegiatan kampung.

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.