Pesantren Rakyat Sekolah SDII Pesantren Rakyat Miliki 17 Komputer Terkoneksi Internet

SDII Pesantren Rakyat Miliki 17 Komputer Terkoneksi Internet

Murid SDII Pesantren Rakyat Belajar Komputer

Pesantren Rakyat Online – SDII Pesantren Rakyat Al-Amin adalah sekolah dasar termuda di Kecamatan Sumberpucung. Tahun 2021 ini masih sampai kelas lima, insya Allah pada tahun 2023 akan menjadi lulusan pertama.

Desain SDII Pesantren Rakyat Al-Amin sama dengan SD yang lain. Walau demikian ada perbedaan dalam kegiatan-kegiatan tambahan lainnya. Diantara kegiatan yang dimaksud adalah kelas alam, kelas karawitan, sholat dhuha dan zuhur berjamaah, hafalan surat-surat pendek, alat musik islami, modern hingga tradisional juga lengkap.

Selain itu, sejak kelas 4 juga ada jam berbahasa asing, seperti bahasa Arab, dan Inggris. Lebih lagi, mulai tahun ajaran baru ini ada tambahan bahasa Mandarin. Sementara itu, dari segi perizinan, SDII Pesantren Rakyat Al-Amin juga telah menerima izin resmi dari Dinas Pendidikan sejak tahun lalu.

Dari sisi pendidik, selain sarjana, dan dua guru magister, 90% guru-guru SDII Pesantren Rakyat berasal dari alumni pondok pesantren ternama di Jawa Timur. Dari sinilah, terlihat menonjol dalam bidang keagamaannya.

Selain ngajinya juga kuat, di bidang IT anak-anak sudah dikenalkan apa itu coding, pembuatan website, market class hingga pengenalan bisnis online. Bahkan istilah trading, crypto, forex juga dikenalkan agar anak-anak siap menghadapi kehidupan di era zaman generasi z dan generasi alpha.

Baca juga: RMI NU Kabupaten Malang Deklarasikan Bu Nyai Nusantara di Pesantren Rakyat

Dengan gedung yang bisa dikatakan belum sempurna, akan tetapi SDII Pesantren Rakyat didukung geografis yang strategis sehingga siswa memiliki tempat belajar dan lingkungan yang asri dan luas. Anak-anak tidak hanya fokus memaksimalkan sisi kognitif, tetapi afektif dan psikomotorik juga menjadi prioritas, seperti laboratorium burung, ikan koi, ikan lele, ikan mujair, sapi, kambing, koperasi, 17 komputer terkoneksi internet dan bercocok tanam.

Pengenalan kearifan lokal turut menjadi bagian pendidikan yang diberikan kepada siswa-siswi SDII Pesantren Rakyat. Untuk itu, selain anak-anak rutin latihan gamelan dan wayang, juga dianjurkan ikut pencak silat.

Murid SDII Pesantren Rakyat Berlatih Pencak Silat Pagar Nusa
Jurus: Murid SDII Pesantren Rakyat berlatih pencak silat Pagar Nusa di lapangan sekolah

Menariknya lagi, di SDII Pesantren Rakyat ini tidak fanatik terhadap satu perguruan saja. Ada beberapa aliran pencak silat yang dikenalkan dan diajarkan ke para murid. Aliran yang dimaksud adalah Cimande, GASMI, Pencak Organisasi yang dilatih langsung oleh wakil Ketua IPSI Kab. Malang Bapak Abu Bakar dan paling menonjol adalah Pagar Nusa.

Di tahun-tahun berikutnya SDII Pesantren Rakyat bertekad bisa menambah pencak silat lainnya seperti PSHT, Tapak Suci, Satria Muda, Badai, KKI, Musikawa dan sebagainya. Sebagai informasi, di tahun 2020 Halaman SDII pernah ditempati kejuaraan pencak silat tingkat Kabupaten Malang.

Baca juga: Penyuluhan Poskestren, Puskesmas Sumberpucung Latih Santri Pesantren Rakyat

Dalam sistem pendidikan yang dijalankan oleh SDII Pesantren Rakyat Al-Amin mengadaptasi sistem yang dikembangkan di SD Islam Sabilillah, Cor Jesu, Dempo, Sekolah Citra Alam, SD NU Kepanjen dan OST ke banyak sekolah lainnya.

SDII Pesantren Rakyat Al-Amin menerima anak yang siap mondok. Saat ini ada 39 anak yang mondok atau mukim di Pesantren Anak Pesantren Rakyat Al-Amin. Sebaran santri SD yang mukim juga berasal dari luar Kecamatan Sumberpucung dan luar Kabupaten Malang.

Ada Ida yang berasal dari Donomulyo, Fadil dari Kalipare, Zaki, Bagja dari Wonosari, Mahfudh dari Sembon Durenan Ngajum, Fara dan Ilyas dari Dilem Kepanjen, Zain dari Buring Kota Malang, Dona dan Yeni dari Pasuruan serta masih banyak lainnya.

Kelas IT SDII Pesantren Rakyat Al-Amin
Serius: Murid SDII Pesantren Rakyat Al-Amin mengikuti kelas IT

Guna terus meningkatkan kualitas pendidikan, SDII Pesantren Rakyat terus melakukan upaya perbaikan. Baru-baru ini, SDII tengah membangun masjid lantai 3 yang bertempat di kompleks pendidikan pesantren. Selain untuk praktik keagamaan juga akan menjadi laboratorium yang lain. SDII Pesantren Rakyat adalah sekolah masa depan insya Allah. (abd/cha)

Penulis: Kiai Abdullah SAM
Editor: Chandra Djoego

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.