Pesantren Rakyat Sekolah SDII Pesantren Rakyat Ikuti Pembinaan SD Swasta Kabupaten Malang

SDII Pesantren Rakyat Ikuti Pembinaan SD Swasta Kabupaten Malang

SDII Pesantren Rakyat Ikuti Pembinaan SD Swasta di Grand Kanjuruhan

Pesantren Rakyat Online – Sebanyak 85 sekolah dasar (SD) swasta di Kabupaten Malang mengikuti Pembinaan Sekolah Dasar (PSD) yang digelar oleh Dinas Pendidikan di Grand Kanjuruhan Hotel, Rabu (21/9/2022). Acara yang berlangsung selama dua hari ini diikuti oleh kepala sekolah dan operator SD swasta. Dalam hal ini, SD Islam Integratif (SDII) Pesantren Rakyat Al-Amin mendelegasikan perwakilannya yakni, Rizki Anis Solikhah, S.Pd., dan Nurul Alimah, operator SDII Al-Amin.

Di hari pertama kegiatan, materi dibuka oleh Drs. Achmad Wahid Arif selaku Kabid Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Beliau menyampaikan materi dengan tema ‘Menuju Kepala Sekolah Profesional’. Disini narasumber dari dindik itu menjelaskan tentang fungsi dan tugas pokok seorang kepala sekolah.

Lebih jauh lagi, Wahid menjelaskan secara gamblang kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki seorang kepala sekolah. Hal ini menjadikan motivasi tersendiri bagi para kepala sekolah untuk terus semangat mengembangkan kualitas lembaganya masing-masing.

Di hari kedua kegiatan PSD diisi materi oleh Dr. Wiwik Indaryati M.Pd dengan tema ‘Inovasi Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui MBS dan Pelayanan Prima (Excellent Service). Wiwik memaparkan konsep dasar dari MBS (Manajemen Berbasis Sekolah) yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Baca juga: Sun 3 Mart: Laboratorium Bisnis & Usaha Santri Pesantren Rakyat

Output dari MBS adalah prestasi sekolah yang kemudian merambah ke kepala sekolah untuk menuju kualitas sekolah dan inovasi pembelajaran yang lebih baik lagi”, tuturnya kepada seluruh kepala sekolah dan operator yang hadir dalam acara.

Lagi, Wiwik menyampaikan pelayanan excellent harus dilakukan oleh kepala sekolah kepada peserta didik dan wali murid. “Semoga setelah pelatihan ini ada peningkatan kapasitas sehingga sekolah swasta menjadi semakin berkualitas”, harapnya.

Selain materi di atas, ada pengukuhan dan pengenalan K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) SD Swasta Kab. Malang sertapenyampaian program kerja. Kemudian lanjutan materi Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar oleh Ketua KKPS Kab. Malang dan Program Bidang SD oleh seluruh Kasi di bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.