Pesantren Rakyat Sekolah Santri Pesantren Rakyat Praktek Pembuatan Pupuk Cair Organik

Santri Pesantren Rakyat Praktek Pembuatan Pupuk Cair Organik

Pembuatan Pupuk Cair Organik Pesantren Rakyat

Pesantren Rakyat Online – Murid SMPII dan SMA Pengusaha Pesantren Rakyat Al-Amin mengembangkan keterampilan pertanian dengan belajar membuat pupuk cair organik, Jumat (19/3/2021). Pada kegiatan belajar tersebut dipandu langsung oleh Agus Sucipto dari Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Mengawali proses, santri Kyai Abdullah SAM ini mempersiapkan berbagai peralatan dan bahan yang digunakan seperti ares, toples, sendok, pisang masak pohon dan sebagainya. Pak Agus sapaan akrab beliau, menjelaskan secara detail mulai dari persiapan hingga proses pembuatan hingga usai.

Baca juga: Seru! Masterchef Folk Style Dewan Guru Pesantren Rakyat Al-Amin

Para murid tampak antusias mencatat tiap langkah pembuatan. Tak berpanjang lebar bercerita tentang teori, pria yang juga seorang pendamping keluarga harapan Kemensos itu meminta para santri praktek memotong ares, mengupas pisang, memasukkan gula sesuai takaran dan aturan yang ditentukan.

“Setelah proses selesai dan dimasukkan sebuah toples atau plastik, pupuk cair harus disimpan dalam tempat tertutup dan tidak ada sinar matahari yang masuk selama seminggu”, katanya.

Menurut narasumber yang pernah menjadi pendamping pertanian itu, manfaat pupuk organik sangat banyak. “Selain dari bahannya yang aman dan ramah, juga baik untuk nutrisi tumbuhan”, tutupnya. (cha)

4 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.