Pesantren Rakyat Pesantren Corner Santri Pesantren Rakyat Ikuti Musabaqoh Qiroatil Kutub Tingkat Kab. Malang

Santri Pesantren Rakyat Ikuti Musabaqoh Qiroatil Kutub Tingkat Kab. Malang

Musabaqoh Qiroatul Kitab RMI NU Kab. Malang

Pesantren Rakyat Online – Santri Pesantren Rakyat Al-Amin mengikuti ajang Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) yang digelar oleh PC RMI NU Kab. Malang dan Pesantren Center, Minggu (17/10/2021). Acara yang bertajuk Fathul Qorib Competition ini berlangsung sehari dan bertempat di IAI Al-Qolam Malang.

Pada lomba tingkat Kabupaten Malang itu, sebanyak tiga santri Kyai Abdulllah SAM bersaing menjadi yang terbaik dalam membaca kitab dengan puluhan peserta lainnya. Mereka adalah Muhammad Rifki Malik, Azka Nadziroh dan Qeyla.

Pada kesempatan ini, kitab yang dilombakan adalah kitab Fathul Qorib. Di hadapan para juri, santri SMA dan SMP Pesantren Rakyat ini percaya diri menjawab setiap soal yang diberikan. Rifki misalnya, ia diminta menjelaskan tentang Bab I’tikaf.

Baca juga: Perdana! Kunjungan Bisnis SMA Pengusaha Pesantren Rakyat di 6 Perusahaan

Santri Pesantren Rakyat Ikuti Musabaqoh Qiroatul Kitab RMI NU Kab. Malang
Bersaing: Rifki (depan tengah) bersama seluruh peserta Musabaqoh Qiroatul Kitab tingkat Kab. Malang di IAI Al-Qolam

“Awalnya sempat agak gugup karena dapat nomor awal tetapi tetap siap dan alhamdulillah bisa menjawab pertanyaan juri”, kata santri SMA asal Banyuwangi ini kepada redaksi.

Di kesempatan lain, Azka dan Qeyla juga mendapat tantangan serupa namun dengan tema yang berbeda. “Kami tadi mendapat Bab Sholat untuk dijelaskan kepada juri”, cerita santriwati yang masih duduk di kelas 8 SMP itu.

Sebelum ini, ketiganya tergabung dalam kelas takhasus kitab yang diasuh oleh Ust. Muhammad Siddiq dan Ust. Hasanuddin. Kelas takhasus adalah program yang digagas oleh Kyai Abdullah SAM dengan tujuan percepatan dalam pembelajaran dan penguasaan ilmu tertentu, dalam hal ini adalah kitab kuning.

Pada kegiatan yang diikuti oleh perwakilan pesantren se-Kab. Malang ini, para santri tak sendirian. Mereka didampingi langsung oleh para pengasuh di kelasnya masing-masing. “Saya berharap hasil yang terbaik bagi anak-anak. Syukur alhamdulillah jika mendapat juara”, harap Siddiq.

Menurut informasi yang diterima oleh tim redaksi, pengumuman pemenang lomba akan disampaikan pada kegiatan puncak tanggal 30 Oktober 2021 di IAI Al-Qolam Malang. (cha/cd)

Reporter: Chandra Djoego

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.