Pesantren Rakyat Organisasi RMI NU Kabupaten Malang Deklarasikan Bu Nyai Nusantara di Pesantren Rakyat

RMI NU Kabupaten Malang Deklarasikan Bu Nyai Nusantara di Pesantren Rakyat

Deklarasi Bu Nyai Nusantara di Pesantren Rakyat Al-Amin

Pesantren Rakyat Online – Pimpinan Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah, PC RMI NU Kabupaten Malang menggelar Deklarasi Bu Nyai Nusantara, Minggu (28/11/2021). Acara yang dihadiri oleh para gus dan ning pengurus RMI dan Pesantren Center ini berlangsung di Pesantren Rakyat Al-Amin, Sumberpucung, Malang.

Menurut Ketua RMI NU Kabupaten Malang, KH. Abu Yazid AM, MA., kiai dan bu nyai muda harus ikut berkiprah di Nahdlatul Ulama. Maka dari itu, beliau berkeinginan ada wadah kultural utamanya untuk para bu nyai.

“Kami ingin memberdayakan bu nyai-bu nyai untuk dapat ikut serta dalam jam’iyah Nahdlatul Ulama. Apalagi di Kabupaten Malang ini terdapat lebih dari 700 pesantren”, katanya.

Melanjutkan pembahasan yang disampaikan, asosiasi Bu Nyai Nusantara ini sebenarnya sudah ada hingga ke tingkat pusat. Namun, di Kabupaten Malang ini, Pengasuh Pesantren Darun Najah Karangploso itu menyebut belum terbentuk.

Baca juga: Penyuluhan Poskestren, Puskesmas Sumberpucung Latih Santri Pesantren Rakyat

Pengurus RMI NU Kabupaten Malang di Pesantren Rakyat Al-Amin
Kompak: Pengurus RMI NU Kabupaten Malang pada kegiatan deklarasi Bu Nyai Nusantara di Pesantren Rakyat

“Oleh karena itu, saya bersama gus-gus pengurus di RMI NU menginisiasi terbentuknya Bu Nyai Nusantara ini. Di kemudian hari, saya berharap ini bisa menjadi rintisan lahirnya RMI Putri”, harap Gus Yazid, sapaan akrab beliau.

Saat digali alasan lainnya, Gus Yazid menyebut, jasa bu nyai ini tidak bisa diabaikan dan harus diakomodir. “Di pesantren selama ininyang mengurus santri tidak hanya kiai, tetapi peran bu nyai juga penting untuk memperkuat pesantren”, tambahnya.

Pada acara Deklarasi Bu Nyai Nusantara Malang hari ini (red), tampak animo 40 bu nyai dari berbagai pesantren di Kabupaten Malang untuk aktif dalam pengabdian baik dalam jam’iyah ataupun jamaah. “Semoga dengan ini banyak bu nyai lainnya tertarik. Saya tekankan bahwa Bu Nyai Nusantara adalah wadah silaturahmi dan kekuatan kultural dari pesantren”, tegas Gus Yazid.

“Selain itu, kami juga turut merekomendasikan kepada kepungurusan RMI kedepan agar bisa mewujudkan kepengurusan RMI Putri dan ini bisa diawali dari Bu Nyai Nusantara Malang”, tutupnya.

Bersama dengan kegiatan ini, lembaga yang menaungi pesantren di lingkungan Nahdlatul Ulama itu turut membahas SPJ RMI periode 2016-2021 serta sosialisasi SIAKAD pesantren. Lebih lagi, para gus dan ning juga dihibur dengan pagelaran wayang climen yang dibawakan oleh Ki Dalang Bayu Sasongko dan Sanggar Seni Budaya Jagong Maton Pesantren Rakyat. (cha)

Reporter: Chandra Djoego

5 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.