Pesantren Rakyat Uncategorized RIANG GEMBIRA ANAK-ANAK PERSIAPAN ROJABIYAH PONDOK PAKEL

RIANG GEMBIRA ANAK-ANAK PERSIAPAN ROJABIYAH PONDOK PAKEL

13047778_580690285432053_1392080075672391639_o

Senin, 25 April 2016 Bapak Kamituwo Pakel Desa Sumberpucung Teguh Prihatmanto mengunggah foto anak-anak Pakel yang lagi latihan Drum Band ala rakyat.

baris-berbaris sekaligus mengisi waktu anak-anak agar tidak dibuat kegiatan negatif, maka tokoh POKMAS Markisah Ahmad Jaelani dan Aris Widodo menggerakkan anak-anak untuk latihan kirab.

Acara kirab yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, Tanggal 30 April 2016, di adakan oleh PONDOK PAKEL atau PP Barokatul QUR”AN Pakel dalam rangka kegiatan rutin yang di laksanakan setahun sekali. start acara kirab dimulai dari Gang Sadewo atau kampung POKMAS MARKISAH RT: 16 Pakel ber akhir di RT: 20 Dusun Pakel atau tepat Depan PONDOK PAKEL.

Gagasan kirab ini di cetuskan oleh Putra Sulung KH. Fauzan As Sholih Pendiri Pondok Pakel atau PP BArokatul QUr’an Gus JAzilul Afnan yang sekarang masih kuliah Jurusan Bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Suami dari Ning Maliha, Bapak dari Gus Haza.

Pondok Pakel yang sinergi dengan Pesantren Rakyat selama Tiga Tahun Terahir ini, telah melakukan banyak program yang dapat menyentuh kebutuhan santri, kebutuhan jamaah, kebutuhan lingkungan dan kebutuhan masyarakat.

Gus Jazilul juga menggeratiskan sementara ini 7 santri Pesantren Rakyat yang menghafal Al Qur’an di Pondok Pakel.

selain itu ada juga kerjasama di bidang POSDAYA MASJID beberapa program yang bisa di sinergikan anatara kedua Pesantren.

Program yang terakhir-terakhir ini sinergi antar dua Pesantren Rakyat dan Barokatul Qur’an yaitu: 1. Pendirian POKMAS MARKISAH RT:16 Dusun Pakel Desa Sumberpucung, 2. Pendirian SENKUDAYA (Sentral Kulaan Posdaya), 3. Di Bidang Travel Umrah dan Haji, 4. Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Kesenian, 5. Mendirikan Majlis Dzikir Sambung Roso.

Dusun pakel yang sebelumnya terkenal dengan sebutan PAKEL=Pakare Wong Ngengkel, sehingga sulit di satukan dan selalu gegeran antar RT, Antar Tokoh, Antar Tetangga, Antar Pemuda, kemudia di rubah mitos yang lama menjadi PAKEL =Lek Kompak Ganok Barang Angel. Ungakapan PAKEL=Lek Kompak Ganok Barang ANgel ini di sampaikan oleh Mbah Said Pemain Kuda Lumping Kawakan Dusun Pakel, ketika saat Jagong Maton dengan Gus Jazilul Afnan Pengasuh Pondok Pakel.

Ust. Abdullah Sam Penggagas sekaligus Pengasuh Pesantren Rakyat sangat antusias membantu lahir batin atas gagasan Gus Afnan yang sangat baik. menurut Cak Dullah Panggilan akrab Ust. Abdullah Sam, kegiatan seperti kirab, kesenian, pemberdayaan akan membawa nama harum PONDOK PAKEL di mata masyarakat luas. sehingga Pondok Pakel dan Pesantren Rakyat yang tumbuh dan berkembang di desa yang sama, akan terus menerus tumbuh dan berkembang secara baik. Karena akar rumput di sekeliling Pesantren telah tersentuh sesuai dengan karakter masyarakat masing-masing.

Inilah sebenarnya gerakan dakwah yang sesuai dengan strategi yang di lakukan oleh Wali Songo dan Para Kyai-Kyai sepuh terdahulu. Semoga Persatuan antar lembaga ini bisa membawa berkah dan akan mengisnpirasi lembaga-lembaga laian, bahwa Pondok Pesantren Lain adalah teman seperjuangan yang saling menguatkan, tidak saling menjatuhkan. ars

 

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.