Pesantren Rakyat Uncategorized PUTEKKOM KEMENDIKBUD PUSAT MENINJAU PENGGUNAAN ICT PESANTREN RAKYAT

PUTEKKOM KEMENDIKBUD PUSAT MENINJAU PENGGUNAAN ICT PESANTREN RAKYAT

 

DSCF6171Sumberpucung (pesantrenrakyat.com) – Kemarin (27/02/2015), salah satu perwakilan Kemendikbud Pusat (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) bidang PUTEKKOM (Pusat Teknologi dan Komunikasi), Dr. Oos Anwas berkunjung ke Pesantren Rakyat untuk melakukan penelitian dan peninjauan penggunaan ICT (Information-Communication and Technology) di Pesantren Rakyat.

Pertemuan tersebut disambut hangat oleh Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Kyai Abdullah SAM. Seluruh infrastruktur teknologi yang dimiliki oleh Pesantren Rakyat telah dipersiapkan termasuk Wi-Fi, Website, LCD, Radio, Laptop dll. Dalam presentasinya, Abdullah menunjukkan metode pengajaran berbasis IT yang telah dilakukan melalui LCD Proyektor di Aula Pesantren Rakyat. Mulai dari video interaktif belajar bahasa inggris dan bahasa arab yang dapat diakses secara mudah di situs video terkemuka, youtube.com dan lain sebagainya.

Selaras dengan apa yang disampaikan Kyai Abdullah, Dr. Oos juga dengan semangat mengekspose salah satu situs yang dicipta oleh Kemendikbud yang diperuntukkan sebagai media pembelajaran. Sebut saja situs video.kemdikbud.go.id yang berisi tentang berbagai macam video pembelajaran untuk semua jenjang seperi PAUD, SD, SMP dan SMA.

Tak hanya itu, Dosen asli Majalengka itu juga meninjau penggunaan radio di lantai dua Pesantren. Disana dia bertemu dengan operator radio, Aditya Yogie. Ketika ditanya sejauh mana penggunaannya, Yogie, yang juga mahasiswa STIT Ibnu Sina itu menjawab bahwa radio Pesantren Rakyat FM ini menyiarkan berbagai program. Mulai dari program lagu-lagu pop untuk remaja, campursari, kartolo, dan juga menyiarkan berbagai diskusi.

“Tak hanya menyiarkan program musik dan lawak namu radio ini juga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat sekitar, juga menjadi media syiar dan forum komunikasi masyarakat,” jelas Yogi.

Selama proses pertemuan tak henti-hentinya pujian yang mengalir untuk teknologi yang dimiliki oleh Pesantren Rakyat dari salah satu Pakar Komunikasi itu. “Disini sederhana tapi bisa dimanfaatkan secara maksimal dan ini akan menjadi baik lagi ketika diiringi dengan pengembangan metode pembelajaran berbasis IT,” sahut Oos.

Kyai Abdullah juga berharap dengan datangnya para pakar atau peneliti dari kementerian akan semakin memperkokoh eksistensi Pesantren di mata publik, akademisi dan masyarakat luas. “Dari kunjungan tersebut, tidak menutup kemungkinan akan memunculkan rekomendasi-rekomendasi yang akhirnya akan menjadi salah satu dasar pemerintah untuk mengambil kebijakan untuk memperluas, mereplikasi, memberi penguatan gerakan pendidikan untuk semua yang murah, berkualitas, berbasis IT, dan berpendekatan lokal wisdom ala Pesantren Rakyat,” imbau Abdullah.

“Apalagi yang datang adalah pejabat-pejabat struktural yang memiliki kewenangan untuk memberi penguatan-penguatan dari berbagai aspek seperti Dr. Oos Anwas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Yanefri IPB,  Dharmawanita Kemenag Pusat, BNN Pusat, Para Cendekia dll,” tutup Abdullah. (ncp)

Sabtu, 28 Februari 2015

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.