Pesantren Rakyat Uncategorized Posdaya Pesantren Rakyat Melatih 30 Jamaah Mengolah Ikan Mujaer

Posdaya Pesantren Rakyat Melatih 30 Jamaah Mengolah Ikan Mujaer

10527772_617385638376387_4438432062795009980_n

Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Dengan ijin Allah terus tumbuh dan berkembang. baik kegiatan, sarana dan prasarananya, jejaring, dan puluhan bahkan ratusan komunitas yang tercipta karena pesantren rakyat effek.
Alhamdulillah, bisa di katakan bahwa “Pesantren Rakyat Bukan Berkembang Karena Di Bantu,,Tapi Di Bantu Karena Terus berkembang..
Dengan segala cuaca dan iklim secara terus menerus di upayakan dapat sinergi dengan berbagai kondisi alam yang terus berubah.
tanggal 05-07 Juni 2014,,jamaah dan santri sejumlah 30 orang di latih mengolah ikan mujaer dan lele, oleh Tim pengabdi dari LPPM UIN MAulana Malik Ibrahim Malang. sejumlah dosen yang ahli dalam pengolahan ikan turun tangan langsung ikut memberdayakan jamaah dan santri Pesantren Rakyat yang di Komandani DR. Retno dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN MMI Malang.
Pelatihan ini sangat bermanfaat karena di lingkungan pesantren Rakyat merupakan daerah penghasil Mujaer, karena dekat dengan bendungan Sutami Karang Kates dan Lahor Selorejo.
Selain di latih selama tiga hari, juga di hari ahir di lombakan antar kelompok kemudian yang menang dapat hadiah peralatan masak ikan lengkap,,seperti alat presto, wajan, sotel, penggiling daging manual dll.
alhamdulillah jamaah dan santri sangat senang, karena selain di kasih ilmu, alat juga dapat konsumsi dan uang saku 50 ribu per orang/hari..setelah pelatihan selesai, 30 orang tidak bubar begitu saja,kemudian membentuk POKMAS Perikanan dan Lingkungan Hidup dan dapat SK dari Kepala Desa Sumberpucung,,Ibu Hartini.
Semoga manfaat.Abdullah Sam

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.