Pesantren Rakyat Uncategorized Posdaya Mushola Al Amin Semakin Berdaya Setelah OST Ke Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Posdaya Mushola Al Amin Semakin Berdaya Setelah OST Ke Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Mushola Al Amin Merupakan Satu Komplek dengan Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Malang.

Mushola ini sudah berdiri setengah abad yang lalu, namun struktur kepengurusan dan program-programnya tidak jelas. sehingga kelihatan asal hidup.

namun setelah beberapa Takmir di ajak Pesantren Rakyat ikut OST ke Yogyakarta, melihat dari dekat masjid masjid yang telah bedaya dalam segala halnya. ahirnya sepulang dari Yogyakarta peserta OST Ust. Sukarno dan Tarmun Nggrengseng ingin meniru Masjid Jogokariyan Yogyakarta y ang sangat berdaya dan mandiri. program-programnay bagus, datanya lengkap dsb.

kemudian langkah awal membentuk Struktur Takmir yang kokoh, alhamdulillah sudah terbentuyk, dan tahap awal sudah ada beberapa program yang langsung terlaksana untuk bulan pertama dan kedua, 1. membentuk takmir, melibatkan semua level masyarakat dari kyai dan abangan, dari pejabat sampai kaum duafa 2. mengukuhkan khataman Al Quran Binadhor rutin setiap kamis kliwon, dimana setiap Khataman dapan mengumpulkan dana infaq hingga Rp. 400.000, 3. kemudian merbot mushola di perhatikan kesejahteraannya, 4. mengadakan ngaji masyarakat awam, mengenai cara solat mayat, wudlu yang benar, ngaji Al Qur’an, 5. Malam Rabu Pengajian Umum hingga 100 orang yang di asuh Oleh: Pengasuh Pesantren Rakyat Ust Abdullah Sam dengan di bacakan kitab-kitab ringan (Wasyiyatul Musthofa), 6.Malam Jum’at Wage, Seluruh Jamaah Tahlil Putra dan Putri Di wajibkan Berjamaah Maghrib dan Isya di mushola, sehingga bagi jamaah tahlil yang tidak pernah masuk musola dan sholat menjadi masuk musholla dan solat, gantian karena satu RT ada 4 mushola maka setiap malam jumat wage bergiliran dari musholla satu ke musholla yang lain. dan dari pertemuan ini jamaah di sarankan infaq, dan seluruh infaqnya di masukkan ke mushola yang ketempatan, dan infaq tersebut tidak hanya untuk bangunan tetapi juga untuk yatim dan kaum duafa sekitar musholla. 7. selain malam jumat wage, di adakan sholawatan rutin untuk orang-orang tua sambil menunggu solat isya’ 8. setiap malam senin musholla di isi Terbangan para pemuda dan anak-anak gabungan pemuda kampung dan santri Pesangtren Rakyat. 9. menambah 2 unit pengeras suara, 10. mengganti tempat slambu dan 11. akan mengadakan pengajian umum bulan Rojab ke depan. 12. di bentuk seksi Rowatib, sehingga setiap waktu ada yang adzan dan berjamaah, alhamdulillah terutama maghrib dan isya jamaahnya setiap musholla mencapai rata-rata 60 orang, karena satu RT ada 4 musholla. dan masih banyak lagi program-program yang akan dilaksanakan. amin

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.