Peserta PLS SMP/SMA Pesantren Rakyat Al-Amin Dapat Wawasan Keindonesiaan

1
102
SMPII Pesantren Rakyat

Pesantren Rakyat Online – Bertempat di Masjid Al-Amin, peserta PLS SMP dan SMA Al-Amin mendapat wawasan Keindonesiaan, Kamis (11/7/2019). Pada materi ini diisi langsung oleh Abdurrahman, Ketua 1 PC PMII Kabupaten Malang.

Alumnus IAI Al-Qolam Malang ini bercerita sejarah singkat Indonesia yang memiliki kerajaan-kerajaan berpengaruh saat itu. Ada kerajaan Kutai sekitar abad ke-4, Samudra Pasai abad ke-13, hingga kerajaan Islam seperti kerajaan Demak dan sebagainya.

Kepada siswa-siswi SMP dan SMA, ia menyebut, Indonesia telah memiliki peradaban maju sejak dahulu, namun kedamaian dan pemikiran maju pesat sesaat setelah kerajaan-kerajaan Islam mulai berperan di Nusantara.

Di Indonesia juga terdapat banyak suku dan bangsa serta ada 6 agama. Namun Indonesia tetap menjadi negara yg rukun dan damai, menyatu dalam satu kesatuan yang utuh dengan ikatan yg kuat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

“Berbeda-beda tetap satu jua”, jelasnya.

Baca juga: Kepada Peserta PLS, Kyai Abdullah SAM Berpesan: Jadilah Santri Yang Tangguh

Hal ini merupakan dasar para tokoh pejuang kemerdekaan yang terus menggagas persatuan dan kesatuan di bumi pertiwi. Puncak dari perjuangan saat itu adalah diproklamirkan kemerdekaan oleh Ir. Soekarno.

Kemudian, laki-laki kelahiran Meranti ini juga memaparkan tentang keberadaan organisasi yang berpengaruh dalam pendirian NKRI. Diantara organisasi besar tersebut adalah Nahdatul Ulama (NU).

“Kita meyakini bahwa Islan sangatla berperan dalam pembentukan gagasan Negara Indonesia sebagai Negara Kesatuan”, lanjut Abdurrahman.

Di akhir materinya, dirinya berpesan sebagai kaum Nahdliyin yang meyakini itu semua, mari kita jaga bersama kesatuan dan persatuan Indonesia. (naw/cha)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.