Pesantren Rakyat Uncategorized Pesantren Rakyat Al-Amin Mengembangkan Lele Wudlu

Pesantren Rakyat Al-Amin Mengembangkan Lele Wudlu

Dengan banyaknya santri yang wudlu setiap hari, dari pada air wudlu mubadir. maka pesantren rakyat memanfaatkan air wudlu tersebut untuk budidaya lele.
Dengan ukuran kolam 3×4 meter, kedalaman 70 cm, dalam 2,5 bulan bisa panen 1,5 kwintal. dengan rincian bibit 2000 ekor, habis pelet/ceki/makanan ikan lele selama 2,5 bulan 1,2 kwintal, bibit 2000 ekor 300 ribu.
Bibit lele yang di tanam jenis sangkuriang, membeli di daerah Maguan Ngajum. alhamdulillah jamaah dan santri baik yang di Sumberpucung atau di kecamatan lain, seperti di Kromengan dan Donomulyo Mas Nur Wachid desa Kalipakem juga ikut memanfaatkan air sisa rumah tangga untuk budidaya lele.
Selain itu Kolam ini juga bisa kita manfaatkan untuk menyirami tanaman-tanaman sayur di sekeliling rumah, seperti lombok, terong, bayam, kenikir, pepaya dan bunga2. airnya sangat baik untuk mengairi tanaman-tanaman tersebut, karena mengandung kotoran lele.
Selain itu untuk pembesaran lele untuk mengurangi pengeluaran modal, bisa di bantu dengan sisa2 sayur, daun pepaya, bayam, kulit semangka, kulit melon dll..yang penting jangan terlalu banyak,,kalau kebayakan amoniaknya meningkat, lele bisa mati.
Samping Pesantren Rakyat Ada yang sudah meniru, Pak JUpri dan Pak Achmad Yudianto yang sudah 2 kali menanam. semoga gerakan2gerakan dan contoh-contoh kecil ini dapat bermanfaat.(Santri Sableng)

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.