Pesantren Rakyat Uncategorized Perkembangan Pesantren Rakyat Al-Amin Berkat Penerapan Multi Level Strategi (MLS) Oleh Ainul Cholidian Karang Ploso

Perkembangan Pesantren Rakyat Al-Amin Berkat Penerapan Multi Level Strategi (MLS) Oleh Ainul Cholidian Karang Ploso

13879476_1038920632889550_3331437000153092928_n

Multi LevelStrategi (www.pesantrenrakyat.com) Seiring berjalannya waktu lembaga Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung semakinberkembang, baik dari sisi pendidikan,pembangunan, Iptekdan lain sebagainya. Dalam segi pendidikan, pesantren rakyat ini memiliki beberapa program unggulan, diantaranya PAUD dan TK yang memilikisiswa paling banya se-Kecamatan Sumberpucung, adanya kampung Inggris yang dilaksanakan setiap harinya setelah madin, program moving class yang diterapkan dengan menjalin kerjasama dengan tokoh-tokoh agama yang ahli pada bidangnya, dan masih banyak lainnya. Sedangkan dari segi pembangunan, pesantren rakyat telah membangun bagunan untuk PAUD dan TK tepat di sebelah pesantren, membeli tanah untuk pembangunan madrasah danlainnya. Dan darisegiIptek, Pesantren Rakyat Al-Amin memberkan keluasan untuk para santri dalam menggali infomasi dengan adanya wifi 24 jam. Tidak hanya itu dalam segi budayapun Pesantren Rakyat Al-Amin juga tidak ketinggalan. Para santri mendapatkan pengajaran tentang budaya tradisional dan modern, seperti gamelan, banjari dan band.
Mungkin banyak yang tidak menyangka dengan perkembangan pesat dari Peantren ini. Karena pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin yakni Ust.Abdullah Sam memiliki banyak tugas dan tanggungjawab tidak hanya focus pada pesantrennya, beliau harus menjadi penceramah, pegawainegara, suami dan masih banyak lainnya, namun semua itu tidak menghalangi beliau untuk mengembangkan pesantren ini. Pada suatu kesempatan ketika berbincang dan sharing dengan Ust. Abdulla, ada salah satu teman saya yang bertanya, “Bagaimana Ust bisa mengambangkan Pesantren ini dengan kesibukan yang padat dan kewajiban yang banyakini ?”. “Bukanhal yang sulit bagi saya untuk mengembangkan Pesantren ini, karena tempat ini bukan milik saya tapi milik Allah. Jadisemua yang saya lakukan saya serahkan pada Allah, dan satu hal lagi yang menjadikan manajemen Pesantren ini baik karena saya menggunakan system multi levelstrategi.”UjarUst.Abdullah.
Pada dasarnya multi level strategi merupakans alah satu system yang tidak terfokus pada satu titik, namun system ini memberikan cara atau langkah yang mampu mengendalikan banyak program dalam satu waktu. Dengan adanya multi level strategi kita bisa membaca fenomena yang terjadi di sekitar kita. Kita akan bisa membuat rumusan untuk segala sesuatu yang akan dihadapi. Ada satu ungkapan dari Ust. Abdullah yang saya tangkap dari diskusi dengan beliau, yaitu “dengan diam di tempat saya bisa mengkoordinir dan mengaturs egala hal yang ada, mulai , mulai dari pemeblian tanah, mencari dana dan lainnya dengan strategi ini.”
Inilah kunci sukses Pesantren Rakyat Al-Amin selama ini. Dengan penerapan multi level strategi dan pemberdayaan masyarakat pesantren rakyat ini bisa berkembang.(AN mahasiswa KKM Posdaya Masjid Kelompok 37)

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.