Pesantren Rakyat Uncategorized Pelatihan Pertanian Terpadu di Posdaya Pesantren Rakyat

Pelatihan Pertanian Terpadu di Posdaya Pesantren Rakyat

13925733_1047730935341853_30593337370970570_o

Pelatihan pertanian terpadu (www.pesantrenrakyat.com) Pesantren rakyat kembali mengadakan suatu acara besar yang bermanfaat bagi umat banyak. Melalui kerjasama antar LPPNU Jawa Timur, IPNU-IPPNU, dan posdaya Pesantren Rakyat Al Amin binaan UIN MALIKI Malang. Acara yang diadakan adalah pelatihan pertanian terpadu yang fokus kajian pada fermentasi pakan. Latar belakang diadakan acara ini adalah masyarakat jenuh dan bingung ketika musim kemarau datang mereka kesulitan mencari makan untuk ternak. Berawal dari situ fermentasi makan ternak ini menjadi kebutuhan untuk masyarakat yang punya potensi di bidang peternakan dan pertanian. Buktinya bahwa acara ini menjadi kebutuhan,, banyak warga yang antusias yang rencananya hanya melibatkan masyarakat Sumberpucung anggota posdaya Masjid, namun yang ikut juga ada dari Kalipare, Donomulyo, Karang Ploso dan Gondanglegi.
Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memperkaya wawasan masyarakat akan pakan ternak. Selain itu dengan adanya fermentasi pakan ini diharapkan mampu menekan pengeluaran para peternak dan mendapatkan untung banyak. Hal ini sesuai yang disampaikan oleh pemateri Kyai Subkhan dari Jombang yang merupakan pakar di bidang fermentasi pakan ini. Beliau berkata “dengan menggunakan konsep fermentasi pakan ini maka pengeluaran akan berkurang hingga 40% dari sebelumnya.” Bisa dibilang dengan menggunakan fermentasi pakan maka peternak akan menjadi kaya sebelum panen. Hal ini sudah terbukti baik secara langsung maupun riset.
Yang paling menakjubkan dalam sambutannya Kyai Abdullah Sam berkata bahwa acara ini menjadi jalan menuju kaya bagi masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang dengan fermentasi ini akan diperoleh berbagai manfaat dan dampaik baik, mulai dari kesehatan ternak, produktifitas ternak, pengeluaran dan pendapatanpun juga luar biasa.
Pelatihan ini merupakan acara yang kompleks, tidak hanya teori dan teori namun juga dilengkapi dengan adanya praktek lapangan. Hal inilah yang menyebabkan acara ini memiliki banyak makna bagi para pesertanya. Dalam acara ini ada sebuah rumusan baru dimana pemateri menginginkan para peserta membuat suatu komunitas yang mampu membuka lab pertanian kecil-kecilan dan diharapkan komunitas baru ini menjadi salah satu agen hayati yang mampu membantu semua orang dalam menghadapi sebuah masalah terutama pada pertanian dan peternakan.
Inilah keunggulan pesantren rakyat yang selalu berusaha mengadakan acara yang menarik dan bermanfaat serta bisa mmeberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang membutuhkan. (Ainul)
Hadir sampai selesai menunggu pelatihan ini Ketua LPPNU Jatim Langsung Bapak Wazir Wicaksono, adapun yang melatih adalah ketua LPPNU Jombang Bapak Subhan.
13925733_1047730935341853_30593337370970570_o

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.