Pesantren Rakyat Sekolah Parenting Triwulan PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin: Pentingnya Bahasa Kasih

Parenting Triwulan PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin: Pentingnya Bahasa Kasih

Parenting Triwulan PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin - Pentingnya Bahasa Kasih

Pesantren Rakyat Online – PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin (KB dan TK) mengadakan kegiatan Parenting Triwulan dengan tema Peran Penting Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak dan Sosialisasi Wajib PAUD 1 Tahun, Selasa (8/11/2022). Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin.

Diadakan di Masjid Baitul Ihsan Pesantren Rakyat, acara ini diikuti oleh seluruh wali murid KB dan TK. Tidak hanya wali murid, kegiatan ini juga dihadiri oleh Bu Nyai Heni Abdullah, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Hariadi Catur Pamungkas, Ketua Yayasan beserta pengurus dan seluruh kepala lembaga di bawah naungan yayasan serta seluruh dewan guru PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin.

Baca juga: Kiai Abdullah SAM Hadiri Silaturahim Apresiasi Driver Ambulance Malang Raya

Sambutan Kepala KB Pesantren Rakyat Al-Amin Pada Kegiatan Parenting Triwulan 2022
Sambutan: Kepala KB Pesantren Rakyat Al-Amin, Elya Diah Ayu Pujanti

Seremonial pembukaan kegiatan ini diawali dengan tampilan tari dan Pagar Nusa dari murid KB dan TK. Selain itu juga ada beberapa sambutan yang disampaikan, salah satunya merupakan sambutan dari Kepala KB Pesantren Rakyat Al-Amin, Elya Diah Ayu Pujanti. Pada sambutannya beliau menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh hadirin, dan kepada semua orang yang turut berpartisipasi dalam acara ini.

Selain itu juga ada sambutan dari Ketua Yayasan Pesantren Rakyat Al-Amin. Dalam pidatonya, Hariadi menyampaikan bahwa parenting sangat dibutukan oleh untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan orang tua dalam mendampingi anak. pada era globalisasi ini media sangatlah berpengaruh terhadap pola perilaku anak-anak.

“Sehingga penting bagi para orang tua untuk mempelajari parenting agar dapat memantau anak-anak supaya tidak melebihi batas”, jelas Pak Hari, sapaan karib beliau.

Baca juga: Sukses! ANBK Perdana SDII Pesantren Rakyat Dikunjungi Dindik Provinsi Jatim

Sambutan Ketua Yayasan Pesantren Rakyat Al-Amin Pada Kegiatan Parenting Triwulan 2022
Sambutan: Ketua Yayasan Pesantren Rakyat Al-Amin, Hariadi Catur Pamungkas

Bertindak sebagai narasumber pada agenda triwulan ini adalah Indah Nafisa S.Psi. Beliau mengawali pembahasan dengan penggunaan Bahasa Kasih. Dimana setiap anak atau siapapun pasti memiliki bahasa kasih masing-masing. Menurutnya ada bahasa kasih melalui sentuhan seperti dipeluk, diusap, memuji anak dan sebagainya.

Bu Indah menjelaskan, sebagai orang tua kita harus peka apa yang menjadi bahasa kasih anak. Bahasa kasih tidak hanya diberikan kepada anak. Di sisi lain sebagai seorang istri, kita harus saling support dan selaras dengan suami agar keluarga kita menjadi harmonis. Maka dari itu kita sebagai istri dan ibu yang menjadi madrasah pertama bagi anak-anak kita, harus mempunyai pikiran yang positif.

“Bersikap rileks dan harus pandai memilih teman supaya tidak menyulut nilai negative yang ada pada diri kita”, pesannya.

Baca juga: PAUD Pesantren Rakyat Adakan Rapat Rutin Paguyuban, Bahas Ini

Materi Indah Nafisah Pada Kegiatan Parenting Triwulan 2022
Materi: Parenting Triwulan PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin bersama Indah Nafisa, S.Psi.

Diakhir acara, Bu Nyai Heni Abdullah menutup dengan pembacaan doa. Setelahnya kegiatan ramah tamah bersama seluruh tamu undangan dan foto bersama. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

0 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.