Pesantren Rakyat Kegiatan MUDAHNYA MENULIS DENGAN MEMBIASAKAN MENULIS

MUDAHNYA MENULIS DENGAN MEMBIASAKAN MENULIS

IMG_9416
Serius: Para peserta mendengarkan materi dari Wartawan Radar Malang

Pesantren Rakyat (www.pesantrenrakyat.com) – ‘Kalau kamu bukan anak raja, dan bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis! (Al-Ghazali)’. Sebuah kalimat pendek ini bisa dijadikan motivasi akan pentingnya menulis. Sebuah peradaban, pemikiran, ide, gagasan, ilmu pengetahuan, bisa menyebar, merasuk, mempengaruhi, menginspirasi semua orang dikarenakan kesemuanya itu dituliskan. Apalagi di era informasi seperti sekarang, penting kiranya membiasakan menulis agar tidak tergerus dan terhanyut dengan pertarungan informasi yang ada. Untuk itu, dalam Pelatihan Jadi Rakyat Angkatan I ini, para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan ibu guru PAUD Al-Amin dibekali dengan materi ‘Dol Tinuku Warta’.Pada kesempatan ini (24/03), peserta dibimbing langsung oleh wartawan senior Radar Malang, Irham Thoriq.

Mendengar kata menulis mungkin tampak ‘sulit’ bagi sebagian orang. Demikian ini karena kebanyakan merasa sulit untuk mengawalinya. Namun, pada pagi hari ini mindset sulit itu dirubah menjadi mudah. Irham memberikan materi ringan tentang dasar-dasar jurnalistik dan mengenal berbagai macam tulisan dan diikuti dengan semangat dan oleh para peserta. Irham mengatakan kepada para audience, ‘menulis itu mudah dan tidak sulit, hanya perlu untuk membiasakan untuk menulis’, pungkas Alumni UIN Malang itu.

Menulis itu butuh praktek. Materi ‘Dol Tinuku Warta’ ini tidak akan berhasil jika tidak dipraktekkan dan hanya berhenti di teori saja. Oleh karena itu, Ust. Abdullah SAM menghimbau kepada peserta pelatihan untuk terjun ke lapangan mempotret apapun yang bisa dijadikan tulisan ke berbagai lokasi di Kota/Kab. Malang dan juga di Kab. Blitar. Tidak hanya itu, Ust. Abdullah SAM juga memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk tidak takut menulis. Senada dengan ucapan sastrawan perempuan dari Inggris bermana J.K. Rowling berikut. (ncp)

‘Menulis itu tidak sulit, mulailah dengan menuliskan hal-hal yang engkau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri’ (J.K. Rowling).

 

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.