Pesantren Rakyat Sekolah Hari Batik Nasional: Murid SDII Pesantren Rakyat Membuat Batik Ecoprint

Hari Batik Nasional: Murid SDII Pesantren Rakyat Membuat Batik Ecoprint

Hari Batik Nasional, Murid SDII Pesantren Rakyat Membuat Batik Ecoprint

Pesantren Rakyat Online – Siswa siswi Sekolah Dasar Islam Integratif Pesantren Rakyat Al-Amin membuat batik ecoprint dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Kamis pagi (6/10/2022 ). Kegiatan yang berjalan di sepanjang lorong dan aula sekolah ini disambut antusias oleh seluruh murid.

Sebelum memulai kegiatan, siswa siswi tetap menjalankan kegiatan ini senam pagi dan mengaji sesuai dengan kelasnya. Setelah itu, pembuatan batik ecoprint dijelaskan langsung oleh Rizki Anis Sholikhah selaku guru SDII Pesantren Rakyat.

Bu Anis, sapaan akrabnya menyampaikan bahwa beliau sangat senang melihat antusias anak-anak. “Saya senang melihat anak-anak semangat dalam mengerjakan ecoprint masing-masing”, tuturnya.

Baca juga: Pelajari Sejarah G30S PKI, OSIS SMPII & SMA Pengusaha Adakan Psikomovie

Hasil Batik Ecoprint SDII Pesantren Rakyat Al-Amin
Kreatif: Hasil batik ecoprint dari murid SDII Pesantren Rakyat Al-Amin

Dari praktek membuat batik ini, para murid bisa belajar banyak hal dan menghasilkan karya dari tangan mereka sendri. “Mereka bisa mengenal teknik ini sebagai salah satu teknik pewarna alami yang berasal dari tumbuhan” tutur guru SDII alumnus Pondok Pesantren Denanyar Jombang itu.

“Semoga anak-anak nantinya bisa mengamalkan sedikit ilmu dan pengetahuan tentang ecoprint ini di masa depan”, tutupnya.

Sebagai informasi seperti dikutip dari dkv.binus.ac.id ecoprinting adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu. (sev/cha)

Reporter: Syevia Nur Amanah
Editor: Chandra Djoego

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.