DIBERI 7 SUBJEK BERBEDA, SANTRI PERAK AL-AMIN LANCAR SPEAKING BAHASA INGGRIS

0
27
Antusias: Santri-santri ‘speaking’ Bahasa Inggris di depan tutor BEC Pare Kediri dan teman-temannya.

Kampung Inggris – (www.pesantrenrakyat.com) Sabtu malam yang lalu (13/02), santri-santri Pesantren Rakyat Al-Amin yang dibimbing oleh Mr. Zaki selaku tutor dari BEC (Basic English Course) Kampung Inggris Pare Kediri melakukan presentasi daily activity mereka didepan santri lainnya. 20-an santri yang mengikuti kelas malam hari setelah diniyah itu telah diseleksi menjadi 10 terbaik setelah dua minggu program pembelajaran Bahasa Inggris kerja sama antara BEC Pare Kediri dengan Pesantren Rakyat Al-Amin. Kesepeuluh santri yang terpilih tersebut adalah Ghofur Yajalali, Aditya Yogie S., Firza Syaiba Asnha, Fila Amanda Putri, Sinta Dewi R., Muhammad Anis Yahya, Ahmad Rofi Nur Hafid, Rega Mardianto, Munif Lailatul K., dan Fajar Nur Fadillah.

Menurut Mr. Zaki, ‘materi yang telah disampaikan dua minggu ini dirasa sudah cukup dan teman-teman santri bisa langsung mempraktekkan speaking Bahasa Inggris, terutama percakapan sederhana mengenai daily activity mereka dan malam ini mereka akan mempresentasikannya tanpa membawa buku di depan teman-teman mereka’, pungkas pemuda asli Kota Gresik itu.

Malam itu menjadi malam yang tak terlupakan bagi santri-santri Pesantren Rakyat Al-Amin karena ada hal menarik dalam presentasi mereka. Mr. Zaki meminta mereka menceritakan daily activity dengan menggunakan 7 subjek berbeda dalam Bahasa Inggris seperti ‘I, You, They, We, He, She, It’. Hal ini dilakukan untuk membiasakan para santri menggunakan subjek yang berbeda dalam sebuah percakapan seperti yang diutarakan Mr. Zaki.

‘Subjek yang berbeda akan membuat struktur kalimatnya sedikit berbeda dan oleh karena itu para santri akan bisa memahami penggunaannya’, tutur remaja 18 tahun.

Walau demikian, santri-santri tetap antusias mepresentasikan daily activity mereka seperti yang dilakukan oleh Firza. Firza menyampaikan pengalamannya, ‘awalnya saya sedikit bingung karena saya mendapat subjek ‘It’  tetapi saya berusaha maksimal dan bisa menyelesaikannya dengan baik’, ucap mahasiswa UNIRA itu.

Kemudian setelah presentasi malam itu, 10 santri terpilih ini nantinya akan terus digembleng materi-materi Bahasa Inggris oleh Mr. Zaki. Harapannya adalah setelah tutor dari BEC Pare Kediri ini selesai mengabdi di Pesantren Rakyat, 10 santri ini bisa menjadi pelopor speaking Bahasa Inggris di Pesantren Rakyat Al-Amin dan menjadi tutor sebaya untuk santri yang lainnya. (ncp)

Oleh: Nugraha Chandra Pratama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here