Di Pesantren Rakyat, FKH UB Latih Santri Olah Pakan Ternak Silase

0
251
Pelatihan Ternak UB Malang

Pesantren Rakyat Online – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (UB) Malang melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Pesantren Rakyat Al-Amin, Selasa (12/11/2019). Kegiatan pagi ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, drh. Dyah Ayu Oktavianie, M.Biotech.

Mengusung tema Membangun Masyarakat Ekonomi Santri, Wadek Fakultas Kedokteran Hewan mengucapkan terima kasih atas sambutan dan kesediaan untuk mengikuti pelatihan. drh. Ayu berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Pengetahuan yang dibagikan nanti paling tidak bisa meningkatkan kualitas kesehatan hewan dan lebih-lebih dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pondok pesantren”, harapnya.

Pada acara yang digelar sehari ini diikuti oleh 50 peserta yang didominasi oleh santri dan jamaah Pesantren Rakyat Al-Amin. Selain mendapat pengetahuan tentang manajemen peternakan, peserta juga dilatih dan diberikan strategi ternak kambing dengan pengolahan pakan ternak.

Baca juga: Pesantren Rakyat Al-Amin Umrohkan Pejuang Istiqomah Masjid/Mushola

Pengasuh Pesantren Rakyat
Semangat: Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin, Kyai Abdullah SAM, bersama Dekan FKH UB Malang, Dr. Sudarminto

Pelatihan pembuatan pakan ternak tersebut dibagi menjadi dua sesi. Yang pertama adalah materi yang disampaikan oleh Kyai Abdullah SAM, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin dan drh. M. Aris Wahyudi, M. Agr., Ketua RPTH Kab. Malang. Selanjutnya sesi kedua seusai istirahat dilanjutkan dengan praktek pembuatan pakan ternak silase.

“Peserta harus serius mengikuti kegiatan ini. Kita langsung praktek dan merapkannya di tempat masing-masing”, tutur Kyai Abdullah SAM.

Selain Wakil Dekan, tampak hadir perwakilan dari UB, drh. Fajar Sodik, Kepala Jurusan Kedokteran Hewan, Kepala TU, Hadi Mulyono
drh. Dodik Prasetyo, Ketua Panitia. Sementara itu, menyusul seusai sesi pertama Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, Dr. Sudarminto S. Yuwono, M.App. SC juga ikut mendampingi. (cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.