Pesantren Rakyat Uncategorized DESA SUMBERPUCUNG, SETELAH ADANYA PESANTREN RAKYAT AL-AMIN

DESA SUMBERPUCUNG, SETELAH ADANYA PESANTREN RAKYAT AL-AMIN

Oleh: Nur Fuad Mahasiswa UIN MALIKI Malang Asal Ponorogo

Desa Sumberpucung adalah suatu desa yang terletak di kecamatan Sumberpucung, Malang, Jawa Timur. Kecamatan Sumberpucung sendiri, sebagian besar terdiri daerah dataran yang dihuni oleh sekitar lima puluh ribu jiwa, dan sebagian wilayahnya dikelilingi Waduk Lahor dan Bendungan Sutami. Penghasilan utama masyarakatnya dihasilkan dari sektor pertanian dan perdagangan. Desa sumberpucung terletak di sebelah selatan Stasiun Sumberpucung, sehingga desa ini mendapat julukan daerah Kidul Stasiun (Selatan Stasiun).

Pesantren Rakyat Al-Amin terletak di Desa Sumberpucung, mulai berdiri pada tahun 2008 yang digagas oleh beberapa orang, termasuk salah satunya Ustad Abdulloh SAM yang merupakan pengasuh pesantren ini. Pada awal mula berdirinya, Pesantren Rakyat Al-Amin kurang mendapat respon positif dari warga sekitar. Banyak respon negatif dari masyarakat sekitar tentang pesantren ini. Bahkan pesantren ini pernah dicap sebagai penyebar aliran sesat.

Sebelumnya, Desa Sumberpucung ini dikenal sebagai daerah yang rawan kejahatan. Perjudian, perampokan, dan premanisme banyak ditemui. Di sepanjang jalan desa banyak pemuda yang mabuk-mabukan, yang tidak jarang merampok pengendara sepeda motor yang melintas. Aparat penegak hukum pun juga tidak bisa berbuat banyak.

Dengan adanya pesantren rakyat, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mabuk-mabukan dan perjudian lambat laun berkurang bahkan menghilang. Pesantren tidak hanya memberikan bimbingan  spiritual kepada masyarakat, perekonomian mereka juga diperhatikan. Tidak sedikit dari mereka yang mendapat pinjaman modal usaha, seperti pemberian kambing gratis, pembagian bibit tanaman, upaya penyediaan lapangan pekerjaan, pembuatan rumah warga, hingga pembiayaan sekolah bagi anak warga kurang mampu, perekonomian warga pun membaik.

Keadaan desa jauh lebih baik dibandingkan sebelum adanya pesantren rakyat. Desa Sumberpucung berubah menjadi desa yang aman, damai, warganya hidup rukun dan kekompakan warganya pun dapat terjalin  erat. Perekonomian warga mulai tertata dengan baik. Banyak warga yang dulunya pengangguran, kini mendapatkan pekerjaan baru. Dengan keberadaan pesantren, Desa Sumberpucung mengalami perubahan yang signifikan.

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.