DELEGASIKAN DUA SANTRI, PESANTREN RAKYAT IKUTI WORKSHOP PENELITIAN SOSIAL BERSAMA PROF. MUSTAIN

0
25
IMG-20160601-WA0011
Semangat: dari kiri Dr. Mufidah Ch, Prof. Mustain, Chandra dan Ghofur

Pesantren Rakyat (www.pesantrenrakyat.com) – Awal bulan Juni ini tepatnya pada tanggal (01/06), Pesantren Rakyat menghadiri undangan kegiatan Workshop Metodologi Penelitian Sosial Budaya. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Malang bertempat di Gedung Rektorat Lt. 4. Pada kesempatan itu, Pesantren Rakyat mendelegasikan Ghofur dan Chandra di workshop yang juga diikuti oleh Dosen dan Peneliti.

Prof. Mustain, guru besar Universitas Airlangga Surabaya menjadi keynote speaker pada hari yang pertama. Pakar penelitan sosial itu menjelaskan secara rinci materi-materi seputar penelitian kepada 30 peserta yang mayoritas adalah Dosen UIN Malang. Dalam pesannya kepada peserta, Prof. Mustain mengatakan bahwa penelitian itu bukan sesuatu yang sulit dan perlu kepekaan dalam memotret sesuatu.

‘Melakukan aktivitas meneliti tidaklah sulit dan ibarat seperti mengasah pisau yang semakin lama akan semakin tajam’, jelas Mustain.

Suatu kesempatan yang langka bisa duduk bersama dosen, peneliti, dan para pemikir dalam satu forum. Inilah yang disampaikan oleh Ghofur dan Chandra kepada redaksi Pesantren Rakyat.

‘Ini adalah kesempatan yang langka dan kita berterima kasih kepada Dr. Mufidah yang telah mengundang Pesantren Rakyat dan juga Ust. Abdullah yang telah merekomendasi kita untuk ikut kegiatan workshop ini’, pungkas Ghofur dan Chandra.

Lebih jauh, delegasi Pesantren Rakyat itu mendapat pelajaran yang berharga dari workshop penelitian saat itu. Seperti yang pernah disampaikan oleh Ust. Abdullah tentang pentingnya membaca buku untuk membuka world view, pun demikian dengan Prof. Mustain.

‘Jika kita ingin mengembangkan penelitian kita, maka tidak ada hal lain selain membaca sebanyak-banyaknya’, tutup Prof. Mustain. (anz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.