Pesantren Rakyat Uncategorized BELAJAR PSIKOLOGI SOSIAL DI RUMAH PROFESOR KOENTJORO SOEPOMO JOGJAKARTA

BELAJAR PSIKOLOGI SOSIAL DI RUMAH PROFESOR KOENTJORO SOEPOMO JOGJAKARTA

Mengikuti program LP@M UIN MALIKI Malang OST ke Jogjakarta, yaitu ke Sanggar atau Padepokan Prof. Koentjoro Soepomo Dosen Psikologi Sosial UGM. tempatnya yang cukut jauh dari kita, depan rumah persis adalah pemakaman umum, air yang di gunakan bukan air PDAM atau air sumur, akan tetapi air hujan yang di tampung dalam penampungan yang besar di belakang rumah Profesor.

di sisni banyak mendapatkan tambahan pencerahan terkait fenomena gerakan atau psikologi sosial era IT hari ini. di antaranya adalah jika suatu lembaga ingin kuwat maka harus memiliki jejaring yang kuwat. jika dulu bisa berdiri sendiri , tetapi sekarang modelnya adalah saling bahu membahu tidak bersaing tetapi sinergi. kemudian adalah open manajemen, lembaga atau perusahaan di tuntut memiliki menejemen yang terbuka dan dapat di pertanggungjawabkan secara publik.

yang paling berkesan lagi adalah bahwa lembaga atau pesantren di tuntut menguasai ICT Information Comunication and Technology.

Pada Malam harinya semua rombongan takmir masjid yang di pelopori Dr. Mufidah Ch dan Dr. Mohammad Mahpur ini menikmati musik cimplungan atau terbangan ala Jogja yang di lantunkan masyarakat setempat, orang-orang tua terdiri dari banyak laki-laki. kemudian malam hari lagi di hibur dengan hiburan Lesung yang di mainkan oleh seorang ibu-ibu lumayan tua-tua dengan lagu has jawa, kemudian dari kelompok OST juga ikut praktik menabuh dan menyanyi ala kadarnya.

setelah sekolah di Prof. Koentjoro S. Selesai Pagi harinya belajar Ke SALAM (Sekolah Alam) yang di kelola seorang Nasrani Bu Wahya Namanya, Sekolah yang sudah banyak di kunjungu dari berbagai tamu dari dalam dan luar negeri. salah satu guru di situ adalah Adik Kandung Cak Nun (Ainun Najib Kyai Kanjeng).

DI sini juga memiliki pendidikan yang khas, yaitu semavam menolak kurikulum pemerintah, kurikulumnya membuat sendiri. yaitu jika anak belajar biologi, ya langsung praktik menanam dan sebagaianya. kunjungan ini sangat bermanfaat bagi pengembangan Pesantren Rakyat Al Amin dan Pesantren Rakyat Yang Lain.

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.