Pesantren Rakyat Kegiatan BELAJAR COMMUNITY DEVELOPMENT DI PESANTREN RAKYAT, MAHASISWA PASCASARJANA UIN MALANG ANTUSIAS

BELAJAR COMMUNITY DEVELOPMENT DI PESANTREN RAKYAT, MAHASISWA PASCASARJANA UIN MALANG ANTUSIAS

IMG_9393
Hijau: Ust. Abdullah SAM bersama Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang berpose di kebun Pesantren Rakyat Al-Amin

Pesantren Rakyat (www.pesantrenrakyat.com) – Community Development telah menjadi kajian baru yang didapat oleh mahasiswa, terutama bagi yang duduk di bangku pascasarjana. Keilmuan mengenai Community Development sendiri masih awam ditelinga para mahasiswa dan begitupun pengaplikasiannya. Oleh karena itu, agar tidak berhenti ditataran teori saja, hari ini sekitar 9 Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang, Jurusan Al-Ahwal As-Syaksiyah semester 3 yang diampu oleh Dr. Hj. Mufidah Ch, M.Ag., melakukan OST (Observation Study Tour) di Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung, (19/03).

Tepat pada adzan dzuhur, rombongan yang diketuai oleh Majdid disambut oleh Ust. Abdullah SAM, Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin. Sebelum menerima materi, para mahasiswa beristirahat sejenak sembari ishoma di Mushola Pesantren Rakyat Al-Amin. Tepat pada pukul 1 siang, diskusi mengenai Community Development dimulai dan dibimbing langsung oleh Ust. Abdullah SAM. Kesembilan mahasiswa terlihat antusias mendengarkan materi dan terjadi diskusi hangat bersama pemateri selama kegiatan berlangsung.

Tidak berhenti di dalam ruangan saja, Ust. Abdullah SAM langsung mengajak seluruh mahasiswa ysng berasal dari berbagai daerah seperti Banyuwangi, Madura, Bululawang, Bawean, Situbondo, Bantur dsb. untuk melihat dengan nyata gerakan Pesantren Rakyat di masyarakat dan juga meninjau pembuatan kandang kambing di POKMAS (Kelompok Masyarakat) Markisa di Dusun Pakel, Desa Sumberpucung. Tidak hanya itu, Ust. Abdullah SAM bersama mahasiswa juga berkeliling kampung RT. 07 untuk melihat berbagai situs dan perjalanan diakhiri di kolam renang sembari menikmati minuman hangat disana.

Hasil dari pertemuan singkat ini begitu menginspirasi para mahasiswa. Seperti yang disampaikan oleh Majdid, Ketua Kelas, ‘Saya sangat terinspirasi dengan gerakan Pesantren Rakyat ini karena begitu mudah dan sepele tetapi dilupakan oleh kebanyakan orang. Saya juga ingin mengembangkannya di daerah saya sendiri di Bululawang’, pungkas Majdid.

Pun demikan disambut hangat oleh Ust. Abdullah SAM. ‘Alhamdulillah jika bisa terinspirasi dengan gerakan yang sepele ini. Kedatangan Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang ini adalah yang kesekian kalinya dan kami terus menerima sumbangsih pemikiran dari manapun, apalagi mahasiswa S-2 disini’, tutup Ust.  Abdullah SAM. (ncp)

1 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.