Pesantren Rakyat Sekolah Asyik! Wali Murid PAUD Pesantren Rakyat Membatik Seragam Anaknya Sendiri

Asyik! Wali Murid PAUD Pesantren Rakyat Membatik Seragam Anaknya Sendiri

Asyik! Wali Murid PAUD Pesantren Rakyat Membatik Seragam Anaknya Sendiri

Pesantren Rakyat Online – Mengakhiri Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Pesantren (MPLSP), sebanyak 17 wali murid PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin belajar membatik sibori, Sabtu (22/7/2023). Pelatihan yang diadakan di Gedung BLK Pesantren Rakyat Al-Amin ini merupakan bagian dari materi kelas parenting kepada wali murid pada MPLSP.

Seperti pada periode sebelumnya, kelas membatik ini hasilnya bakal dibuat seragam untuk anak-anak. Wali murid PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin tampak antusias dalam membatik sibori. Bahkan ada yang merasa deg-degan dengan hasilnya masing-masing.

“Orang tua sangat senang karena ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka. Banyak yang merasa deg-degan ketika melihat hasilnya seperti apa karena walaupun instruksi sama tetap saja akan berbeda hasil di setiap karya masing-masing”, kata Firza Syaiba Asnha, S.M., Kepala TK Pesantren Rakyat Al-Amin.

Selain dibuat untuk seragam anak, pelatihan membatik juga untuk melestarikan budaya. Selain itu, ini merupakan tahun ketiga PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin mengadakan kelas parenting membatik untuk wali murid.

Baca juga: Pengajian di Sawojajar Malang, Kiai Sableng Diiringi King Joas Perkusi

Pelatihan Membatik Sibori Wali Murid PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin
Antusias: Wali murid PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin mengikuti pelatihan membatik.

“Dengan membatik orangtua bisa mengekspresikan kasih sayangnya dengan membuatkan sesuatu dari hasil karyanya sendiri”, imbuh Firza.

Sementara itu, salah satu wali murid mengungkapkan rasa senangnya mengikuti kegiatan kali ini. Mama Shaka, begitu panggilan akrabnya, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat.

“Menyenangkan sekali dan dapat menambah wawasan baru. Nanti bisa dicoba lagi di rumah”, katanya.

Pelatih membatik pada kesempatan ini adalah Inayatus Saadah, S.M. Ia merupakan guru PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin yang memiliki keahlian dalam bidang seni. (cha)

Editor: Chandra Djoego
Publisher: Perak Media

2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.