ABDULLAH SAM: UPPKH SUMBERPUCUNG SEBAGAI RUJUKAN KABUPATEN MALANG DAN AJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN

0
43
IMG-20160610-WA0009
Fokus: Peserta Rakornis PKH Kecamatan Sumberpucung bersama Camat

Pesantren Rakyat (www.pesantrenrakyat.com) – Bulan ramadhan bukan menjadi penghalang untuk melakukan segala rutinitas sehari-hari. Begitupun, aktifitas pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Ust. Abdullah SAM, Penggagas Pesantren Rakyat. Jumat lalu (10/06), bertempat di Aula Kecamatan Sumberpucung Ust. Abdullah SAM yang juga sebagai Koordinator Pendamping Keluarga Harapan melakukan RAKORNIS (Rapat Koordinasi Teknis) Pelaksana PKH bersama Camat, seluruh Kepala Desa di wilayah Kecamatan Sumberpucung, bidan desa, pkk puskesmas, Kepala Sekolah, kesos dan UPTD TK/SD.

Menurut laman resmi TNP2K, PKH adalah program perlindungan sosial dibawah Kementerian Sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Disamping itu, program ini juga akan memenuhi lima komponen tujuan MDG’s yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu melahirkan.

Kegiatan koordinasi yang dilaksanakan secara periodik itu membahas evaluasi kegiatan pendampingan dan penguatan kapasitas pemberdayaan masyarakat melalui program PKH. Abdullah SAM menjelaskan secara komprehensif hal-hal mengenai PKH dan cerita keberhasilan tim UPPKH Kecamatan Sumberpucung dalam yang mendampingi 706 KM (Keluarga Miskin) di wilayahnya. Tim penggerak PKH Sumberpucung adalah Abdullah SAM, Ghofur Yajalali dan Abdur Rozaq.

‘Keberhasilan tim UPPKH Sumberpucung dalam memberdayakan dan mendampingi keluarga miskin telah menjadikan PKH Kecamatan Sumberpucung menjadi rujukan di Kabupaten Malang’, jelas Abdullah.

Hal tersebut disambut baik oleh Camat Sumberpucung, Tito Fibrianto. Dalam sambutannya, Tito menegaskan kepada stakeholder terkait untuk terus bahu membahu. ‘Saya menghimbau untuk terus bersinergi dan kerja sama antar stakeholder dalam mendukung kegiatan pendampingan masyarakat oleh tim UPPKH Kecamatan Sumberpucung’, tegas Tito.

Sontak himbauan dari Camat Sumberpucung itu menjadi semangat baru kepada peserta yang hadir dan diikuti oleh ajakan dari Koordinator PKH Sumberpucung sebagai penutup. ‘Mari kita bersama sukseskan pengentasan kemiskinan di Kecamatan Sumberpucung secara khusus dan di Indonesia secara menyeluruh’, ajak Abdullah. (ncp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.